Blog

Tata Cara Mandi di Onsen Jepang

Zao-onsen
Zao-onsen

photo: tokyoezine.com

Siapa yang pernah melakukan Onsen di Jepang ? kalo yang pernah ke jepang pasti sudah ga shock yaa.. kalau yang belum pernah ke jepang pasti penasaran, mungkin jika kita belum pernah melakukan onsen pasti kita akan merasakan Culture Shock karena Onsen itu Mandinya ga seperti yang kita pikirkan, karena Onsen mandi ga kayaknya model barat yang kita mempunyai kamar sendiri – sendiri , tapi sebelum kita melakukannya hahaha.. apa itu Onsen , onsen adalah pemandian secara tradisional jepang yang biasanya berasal dari sumber mata air yang dipanaskan oleh magma dan perlu yang kamu tau Onsen ini bisa menyembuhkan nyeri otot, diabetes, arthritis dan penyakit kronis hebat bukan, dengan mandi dan berendam bisa mendapatkan khasiat .. terus apa saja tata caranya buat pertama kali ke jepang waktu kita masuk ke Onsen Jepang ?

  1. Siapkan Mental Anda !!!! karena harus bugil dan itu harus didepan orang banyak hahaha… kunci berhasilnya onsen adalah Mental .. pertama kali anda membuka pintu onsen jangan ragu2 apa yang terjadi didalam sekali melangkah anda tidak boleh berbalik badan .
  2. Setelah masuk ke Onsen anda sebelum masuk berendam anda diharuskan untuk membilas dahulu badan anda , disini kita mandi dulu dengan duduk di kursi kecil di depan keran atau shower.
  3. Tidak boleh memakai baju renang atau handuk sewaktu masuk ke onsen, mungkin jika onsen modern anda boleh memakai handuk tetap sangat jarang sekali diperbolehkan memakai handuk yang pernah saya lihat.
  4. Dilarang memakai handuk sewaktu berendam di onsen dianggap handuk membawa kotoran dan mencemari air onsen.
  5. Sewaktu onsen tidak boleh memasukkan kepala ke air maupun wajah ke air dan jangan melihat ke arah kelamin orang lain itu dianggap tidak sopan hehehe..
  6. Tidak boleh membawa minuman sewaktu ke Onsen.. minumnya nanti setelah Onsen wihh.. seger enaknya habis berendam.
  7. Yang terakhir tetep menjaga kebersihan dan ketenangan , saran saja menikmati berendam dapat menghilangkan stress ( seandainya ada di indonesia pasti setiap hari ya )

Diatas ada beberapa tata cara mandi di onsen jepang , semoga gak kaget ya.. yang pertama kali di jepang, kunci nya pertama kali di mental deh.. sewaktu anda melepas baju dan masuk ke pemandian pasti berdoa jangan ramai deh.. tapi kalau udah sering santai saja dinikmati saja , saran saya setiap tour ada saatnya semua harus mencoba Onsen untuk mencari sensasinya pastinya ketagihan 🙂

Leave a Reply