Blog

Pengalaman Membuat Epaspor di Imigrasi Surabaya

Setelah beberapa waktu tidak update blog ini karena harus membuat epaspor yang konon kalau ingin visanya gratis ke jepang syarat utamanya harus mempunyai epaspor maka saya putuskan untuk meluncur ke imigrasi surabaya , lho? kok ga ke jakarta? nah memang rencana awal adalah pengen ke jakarta sudah prepare ke jakarta tapi karena pertimbangan di surabaya tiket dan biaya akomodasi lebih murah daripada ke jakarta. Akhirnya aku putuskan ke surabaya, tapi sempet ragu2 juga karena apa bisa buat epaspor ke surabaya karena kebanyakan travel blogger buatnya di jakarta wah tapi memang perlu di coba kalau ga dicoba ga pernah tau.

jika anda sudah mempunyai paspor biasa dan ingin diganti ke epaspor ada beberapa hal yang harus disiapkan dan syarat juga apa itu ?

1. Paspor biasa sudah akan habis kurang dari 9 bulan ( informasi dari petugas imigrasi )

2. Membawa KTP, KK, dan Akta kelahiran asli maupun fotocopy , berkas asli dibawa karena harus petugas harus mengecek keaslian dari dokumen tersebut diatas.

3. Membuat surat rekomendasi dari perusahaan yang menerangkan bahwa pembuat paspor akan membuat epaspor di imigrasi surabaya ( surat ini harus jelas kepada nya siapa dan keperluannya apa )

4. Menyiapkan biaya sekitar 655.000 dan uang parkir jika menggunakan kendaraan pribadi dan perlu diketahui imigrasi di surabaya sangat ramai bahkan jika membawa mobil akan susah parkirnya lebih aku saranin bawa motor karena parkirnya lebih muda.

Bagaimana perjalanan pembuatan epaspor secara detailnya , dibawah ini aku berikan detail dari awal sampai akhir prosedur pembuatan epaspor.

Alamat Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya

imigrasi kelas khusus surabaya
Foto Imigrasi di Surabaya
Jl. Letjen S Parman 58 A, Waru
Sidoarjo
East Java 61256, Indonesia

* Untuk menghindari antri yang lama kalau bisa sebelum jam 7.30 harus sampai ke imigrasi untuk mengambil antrian , kenapa harus pagi ? karena quota perhari dibatasi untuk pembuatan paspor jadi kalau sudah quotanya lebih antrian akan ditutup sehingga lebih baik dari pagi antri untuk mendapatkan nomer antrian.

Disini ambil nomer antriannya dan sebelum dikasih nomer antrian anda harus memberikan dokumen asli ktp, kk, akta kelahiran asli dan surat rekomendasi  ( surat sangat penting karena kebanyakan tidak membawa jadi ditolak disuruh membuat ) , setelah dicek semua oleh petugas anda akan diberikan nomer antrian .

loket 5 ambil nomer antrian dan cek dokumen asli imigrasi surabaya
loket 5 ambil nomer antrian dan cek dokumen asli imigrasi surabaya

Setelah diberikan nomer antrian anda langsung keluar lagi dari ruang itu untuk mengambil formulir data diri untuk diisi yaitu di loket 1 didepan sebelum kita masuk.

loket pengambilan formulir di imigrasi surabaya
loket pengambilan formulir di imigrasi surabaya

Udah ngertikan posisinya disebelah kiri ada tulisan loket 1 langsung saja minta dilihatkan juga nomer antrian , nanti akan diberikan formulir dan stopmap  warna hijau tua ( formulir ini gratis biayanya jadi aku sarankan jangan pakai calo ya mudah kok ok lanjut ).

formulir imigrasi untuk epaspor

Setelah itu isi formulir itu mudah dan cepat kok aku butuh 15 menit sudah selesai dan dikasih fotocopy dari dokumen asli kita tadi seperti ktp, kk , akta kelahiran dan surat rekomendasi ( asli ) ukurannya A4 dan diurutkan ya sesuai yang diminta oleh formulir, sudah selesai 15 menit langsung masuk lagi, sekarang menuju ke loket 7.

loket 7 kantor imigrasi surabaya

 

Nah loket 7 ini kita nunggu diluar dulu sebelum masuk , setelah ada panggilan sesuai dengan nomer antrian baru kita masuk , kasih formulir tadi di petugas dan jangan lupa bilang ” Mbak saya pilih epaspor lho” wekekekek kalau diem aja nanti dikira paspor biasa bisa berabe.. dan mbaknya bilang biayanya epaspor langsung bilang ok saja.

Setelah itu nunggu bentar duduk baru 5 menit sudah dipanggil namaku dan Foto bentar langsung tanda tangan dan diberi kertas biaya epaspor untuk dibayar ke bank BNI setelah 3 hari baru ambil nanti epaspor udah jadi.

Siappp cepet banget ga nyampe 3 jam , langsung keluar dari imigrasi cari taksi langsung meluncur ke bank BNI paling deket cuma sekitar 10 menit juga nyampe bayar ke kassa udah pada ngerti kalau buat paspor jadi ga ribet siapin duit pas aja ya..

Setelah itu bertapa selama 3 hari akhirnya di pagi hari ke 4 aku balek lagi ke imigrasi untuk mengambil Epaspor di loket paling depan disini

 

loket pengambilan epaspor di imigrasi surabaya
loket pengambilan epaspor di imigrasi surabaya

Dateng didepan loket bilang mbak anuu mau ambil epaspor ini slip bukti pembayaran epaspornya dari bank bni , ok mas nunggu sekitar 3 menit lebih dikit langsung di kasih jreenngg !!!

epaspor sudah jadi di imigrasi surabaya
epaspor sudah jadi di imigrasi surabaya

Setelah dikasih aku cek2 semua nama, tgl lahir, dan alamat paling belakang semua valid bener , mantep akhirnya udah punya epaspor !!!

Wait tapi aku baca2 di depan ada Peringatan

Paspor ini dilengkapi dengan chip elektronik yang sensitif, Paspor ini tidak boleh ditekuk, dilipat, dilubangi, dicelupkan dalam cairan atau di banting.

Paspor ini juga tidak boleh ditaruh di tempat yang sangat panas atau lembab, ditempat yang langsung terkena cahaya matahari, disekitar elektromagnetis seperti tv atau microware atau terkena bahan kimia.

Epaspor memang harus diberi case yang kuat ini masalahnya beda sama paspor biasa ok selanjutnya nanti aku kasih tips daftarin epaspor ke konsulat jepang bagaimana cara dapet visa gratis 15 hari.. ganbatte !!!!!

Advertisements

39 comments

  1. Mas paspor aku uda abis dr 2012 krn blm ada rencana pergi lg jd aku blm buat. Kl buat skg bs lsg move ke epaspor ga ya? Trs utk free visa ke jepang musti ada rekening koran 3 bulan min 25 jt gak? Eniwei aku uda add pin heheehehe

  2. Halo Dion mau tanya, surat rekomendasi perusahaan? Maksudnya surat ketereangan dr perusahaan kalo kita mau buat e paspor gitu? Atau surat keterangan kerja nih 😁? Bisa kasi liat contoh surat yg dimanta seperti apa? Thank u yah

    1. iya suratnya intinya bahwa kita akan membuat epaspor di tempat imigrasi mana ? jadi surat ditujukan untuk kepala imigrasi tempat kita akan buat epaspor dan disitu kita adalah diterangkan bekerja dimana dalam rangka pembuatan paspor biasa ke epaspor ditandatangani oleh pihak HRD gitu saja , contoh menyusul ya hehehe

      1. mas….mau tanya nech…membaca poin ke 3…harus menyertakan surat persetujuan/rekomendasi….klo tidak bekerja dperusahaan itu bagaimana solusinya mas…terima kasih

  3. paspor saya abis juli 2016 kira2 kapan saya bisa buat epaspor kalo gitu? memang ga bisa banget gitu ya bikin epaspor dg masa habis berlaku saya tersebut

  4. oh ya Mas mau tanya lagi, apakah pengambilan pasportnya bisa diwakilkan dengan surat kuasa atau harus yg bersangkutan yg ambil ? terima kasih infonya

  5. Mas dion,salam kenal.mas klo belum pny paspor kan harus bikin paspor yg biasa dulu ya untuk bikin e-paspor.brt harus nunggu masa berlaku habis dong 😦

    1. bisa googling dengan keyword ” contoh surat rekomendasi untuk paspor ” biasanya yang penting ada kop perusahaan dan ditandangani oleh HRD , dan kepadanya kepala imigrasi dimana akan membuat epaspornya , isinya keperluan membuat epaspor untuk liburan ke jepang gitu bisa..

  6. selamat siang mas,mau nanya bentar,sampai sekarang masih bisa nyari e pasport kah, salam kenal kadek,,,

  7. Maaf mas saya mau tanya…
    Kalu sayang masih menggunakan paspor bisa tapi masa berlaku saya belum habis, apakah saya bisa ganti ke e paspor? Karena saya baca2 di internet katanya masih bisa dan syaratnya sama seperti perpanjangan, namun ada tambahan biaya, Apakah ini bener?
    Karena saya masih mahasiswa saya tidak punya surat rekomendasi perusahaan. Jadi bagaimana solusinya?? Terima kasih sebelumnya…

    1. kalau sewaktu saya tanyakan belum bisa, tapi ada beberapa di jakarta bisa , mungkin bisa menanyakan terlebih dahulu, kalau surat rekomendasi ga ada , surat dari ortu atau dengan kartu mahasiswa menerangkan bahwa anda mahasiswa.. trims

  8. Kalau boleh tau contoh suratnya bagaimana ya? Kalau kita buat paspor karena kebutuhan pribadi bukan dari perusahaan maupun universitas.

  9. Kalau passport alamat jakarta bisa bikin e-passport di surabaya ya? karena saya tinggal di bali, kalau ke surabaya tiket nya lebih murah daripada ke jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s