counter hit make

Akhirnya dengan Epaspor dapet Bebas Visa Jepang 3 Tahun

Waktu menulis di blog ini masih tidak percaya aku bisa dapet bebas visa jepang selama 3 tahun , sesuai janji dari berita di website Kedutaan Besar Jepang bahwa jika kita mempunyai epaspor dapat mendapatkan kesempatan untuk mendapat Bebas Visa ke Jepang selama 3 Tahun dengan periode kunjungan 15 Hari lumayan kan .. tanpa ribet harus pengajuan visa setiap akan berangkat ke jepang .. ga perlu mempersiapkan dokumen dokumen yang harus diajukan setiap kita ingin pengajuan visa dan juga ga perlu takut lagi beli tiket pesawat murah .. dapet pesawat murah tapi belum dapet visa kan bikin deg deg an juga , ok aku akan bercerita perjalanan pembuatan bebas visa ke jepang ini jadi bagi yang sudah punya epaspor tau step by stepnya untuk pengajuan bebas visanya .

Setelah perjalanan buat epaspor di surabaya akhirnya epaspor ditangan masih ga tenang karena ini belum selesai !! apakah kalau sudah epaspor sudah otomatis bebas visa hehehe aku pikir dulu gitu ternyata setelah menjadi pemantau web kedutaan besar jepang munculah pengumuman bahwa untuk pendaftaran bebas visa dengan menggunakan epaspor di buka tanggal 1 Desember 2014 .. weh jadi harus ke jakarta neh .. ok ga masalah demi dapet bebas visa ke jepang …

Tapi ada yang aneh aku baca di web kedutaan syarat2 kok ga ada seperti Foto , Intinerary , Rekening 3 bulan , Foto dan Surat Keterangan Kerja  ( syarat pengajuan visa biasa ) waduh masaknya cuma bawa epaspor saja dan isi formulir yang di download web kedutaan jepang, masih ga jelas kalo ini gara2 itu aku tetap mempersiapkan semua dari kemungkinan terburuk misal kalo dibutuhkan dokumen lain aku harus siap masalahkan aku dari jogja masak bolak balik hahaha…

Sebelum tanggal 1 desember pembukaan pertama bebas visa jepang aku sudah sampai di jakarta , sambil mantau ada perkembangan apa baru di web misalnya ada persyaratan khusus untuk free visa ini jadi kepikiran terus karena ga ada travel blogger yang bahas tentang itu , ya karena kan baru 1 desember dibuka dan aku pertama dateng , ok jawabannya besok pagi ini siap kemungkinan terburuk

Hari Senin tanggal 1 Desember 2014 pagi pukul 8.00 sudah jalan ke Kantor Kedutaan Jepang Jl M.H Thamrin 24 Jakarta Pusat ini aku kasih petanya


Nyampe sana seperti biasa langsung kita antri , sebelum buka saja sudah antri rame banget mungkin gara2 epaspor ini masuk kita ninggal id untuk di kasih kartu visitor ( disaranin pakai SIM saja ) karena ktp nanti bisa butuh di dalem .

Setelah masuk diruangan antri pengajuan visa pertama kali kita harus ambil nomer antrian dengan menekan tombol nanti keluar kertas disini ada 2 mesin , pilih mesin yang bahasa indonesia karena yang kanan mesin bertulis kanji jepang itu khusus untuk orang jepang.

 

cara antri pengajuan visa jepang
mesin antri pengajuan visa jepang

Ok sudah ambil habis itu cari tempat duduk , waktu duduk aku mencoba mencari kalo ada orang yang make epaspor yang sama seperti aku buat pengajuan bebas visa tapi ga ketemu samping kiri dan kanan pake paspor biasa jadi bawa dokumen yang banyak haduhh… jadi bingung aku apa udah bener syarat2 aku bawa cuma ini saja yang aku bawa .

epaspor dan form registrasi bebas visa
epaspor dan form registrasi bebas visa

wah nekat ini aku peraturan belum jelas tapi ya udah terlanjut aku tetep menunggu, dan aku pertama orang yang akan mendapatkan jawaban apa neh soal bebas visa masalahnya belum ada temen epaspor juga ..

setelah nunggu makin deket antrian makin nervous gila ini kalo udah jauh2 dari jogja ada yang salah terus ada dokumen tambahan buat pengajuan bebas visa bisa terdampar di jakarta ok tetep nekat pokoknya.. setelah nomer antrian aku dipanggil langsung maju .. deg deg an waktu didepan loket

Dion ” Mbak mau ajuin Bebas Visa pake Epaspor ”

Petugas ” Iya mas bisa mulai hari ini .. bisa lihat epaspor dan formnya.. ”

Dion ” Ok ini mbak ( ngasih epaspor dan form saja ) mbak anu ini dokumen lain ga diperlukan juga ? rekening , tiket dan surat rekomendasi , intinery ???????

Petugas ” Gak mas cuma ini saja .. ”

Dion ” Oh ok2 mbak ( wah jadi bener cuma gitu saja ) mbak dapet hasilnya kapan ya ? ”

Petugas ” Kalo epaspor besok siang mas jam 13.30 untuk mengetahui di Setujui atau Tidaknya ”

Dion ” Jadi besok sudah bisa diambil ya mbak cepet bener ga seperti biasanya 4 hari ”

Petugas ” Iya mas tanda tangan di tanda terima untuk besok mas pengambilan ”

Dion ” Ok mbak ”

Gak nyampe 5 menit sudah selesai aku akhirnya keluar , waduh kok cuma gitu jawabannya secara syarat cuma 2 saja epaspor sama form itu saja terus alasan di setujui gimana padahal epasporku masih mulus tanpa visa apapun dan juga belum sepenuhnya bisa otomatis di setujui bisa kemungkinan di tolak juga meskipun lega udah masukin tetep saja jadi parno hasilnya besok lagi, jadi aku extend sehari buat ambil visa besok.

Setelah diluar aku sempet ngobrol sama beberapa dari tour agen mereka juga belum jelas soal bebas visa karena terlalu mudahnya persyaratannya .. jadi sempet diskusi panjang lebar cara kedutaan melakukan approved visa jadi agak parno kalo ketolak juga.. dan ada salah 1 orang juga pengajuan pake epaspor setelah aku datang dia nanya2 pake apa aja aku bilang ini saja mbak , dia kaget masak mas cuma gini saja , aku bilang iya cuma gitu doang  sama2 merasakan bingung sama seperti aku..

Akhirnya aku pulang dari kedutaan terus istirahat di tempat teman nunggu pengumuman besok siang yang bikin makan ga enak tidur tak nyenyak hahahah masih mikir kok gampang banget !!! cuma gini

Skip langsung aku ceritain besok siangnya aku sudah di kedutaan antrianya udah mengular gila ini bikin ga tenang saja masih takut kalo di tolak gimana , pasrah saja deh , seperti biasa ambil nomer antrian nunggu beda suasananya di jam pengambilan , wajah pada tegang semua disitu heheheh tapi kalo udah di loket terus visa di setujui pada senyum keluar .. tapi tapi kok ga ada yang epaspor .. haduh kanan kiri ku pada bicarain syarat yang susah kalo paspor biasa, tetap tenang hehehe biar ga stress nahhh akhirnya giliranku nyampe deg deg deg an sampai depan loket langsung aku kasih resi pengambilan kemaren dan terjadi pembicaraan

Petugas ” mana mas resi pengambilan ”

Dion ” ini mbak ….. ( langsung diem senyap ”

Petugas ” ( diem langsung cari di berkas epaspornya setelah ini kembali ke loket lagi ) ini mas epaspornya sudah kami registrasi bebas visanya selama 3 tahun dengan durasi 15 hari .. ( sambil senyum )

Dion ” Makasih mbak wah akhirnya ( Wohhhhhhhh di setujuiiiii josssss pengen teriak tapi ga boleh cuma teriak dalam hati )

Petugas ” Sama2 mas ”

Langsung keluar aku sambil jalan ga percaya wah gilaa 3 tahun bebas visa buat 15 hari , diluar udah rame juga masih pada antri , temenku yang ketemu sebelumnya juga di approved dia seneng banget dia sempet takut kalo di tolak bisa hangus tiket pesawat dia, ini penampakannya bebas visa di epasporku

visa bebas ke jepang di epaspor
visa bebas ke jepang di epaspor

Akhirnya perjuangan dari proses membuat epaspor sampai dapet bebas visa terjawab juga dan aku salut pemerintah jepang yang mendukung bebas visa ini memudahkan traveller untuk sering jalan ke jepang tanpa ribet buat visa setiap akan ke jepang semoga tulisan ini membantu yang pengen ke jepang pakai bebas visa terwujud hahahah.. dan menjawab pertanyaan yang bikin kita bingung.. aku ucapin terima kasih untuk semua orang yang membantu aku sewaktu melakukan proses pembuatan epaspor dan bebas visa ini .. Ayoo semangat ke Jepang dengan Epaspor  !!!

Hubungi Kami di Whatapps
%d bloggers like this: