Blog

Menjelahi Pulau Hokkaido di Jepang

Berencana untuk berlibur ke Jepang? Pulau Hokkaido bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda. Menjelajahi pulau Hokkaido tak akan ada habisnya. Beberapa tempat wisata ini akan menjadi tujuan Anda untuk menjelajahi pulau Hokkaido yang beribukota di Sapporo ini. Beberapa tempat terpopuler yang wajib masuk dalam daftar perjalanan wisata Anda, seperti Museum Bir Sapporo, Taman Odori Sapporo,  Kebun Binatang Maruyana, Menara Jam Sapporo, Gunung Moiwa, Hakodate Park, Furano, noboribetsu, dan Genghis Khan (jingisukan)

1.Museum Bir Sapporo di Hokkaido

sapporo_beer_museum
photo by : www.akibanation.com

Museum Bir Sapporo dibangun pada tahun 1987 ini menjadi saksi bisu perkembangan bir di Jepang. Pengunjung diajak mengenal lebih jauh mengenai salah satu minuman favorit masyarakat Jepang ini. Cuaca Jepang yang dingin akan menjadi hangat dengan menikmati segelas bir ini.

Hokkaido merupakan kampung halaman bir pertama di Jepang, sehingga tak heran jika dibangun museum bir Sapporo di kota Sapporo ini. Rasa khas dari bir Sapporo ini sulit untuk dibandingkan dengan bir merek lainnya.

Tak hanya itu saja, museum bir ini juga memiliki koleksi yang sangat lengkap, bahkan dilengkapi dengan penjelasan yang berbahasa inggris. Sehingga, sangat membantu bagi turis asing yang ingin lebih tahu tentang asal bir Sapporo.

Terbuka : 10.30 pagi sampai 06.30 sore

2.Taman Odori Sapporo

sec01_img_04_large
photo by : www2.city.sapporo.jp

Taman Odori adalah taman yang berada di pusat kota Sapporo, Hokkaido. Taman sepanjang satu setengah kilometer ini menjadi pusat keramaian dan aktivitas masyarakat Sapporo sepanjang tahunnya.

Taman ini membentang di tengah kota Sapporo memiliki sebuah menara setinngi 150 kilometer yang menjadi penanda. Menara itu adalah menara Sapporo TV Tower. Disini Anda juga bisa melihat rangkaian bunga-bunga dari kursi-kursi taman yang di tata rapi, air mancur, patung, pepohonan, bunga, dan semak-semak yang semuanya nampak indah untuk dipandang.Tak hanya itu ada juga staf informasi yang siap membantu para wisatawan.

Terbuka dari pukul 10.00 sampai 16.00

3.Kebun Binatang Maruyana Sapporo

entrance-in-maruyama-zoo
photo by : www.nazcarpine.com

Kebun Binatang Maruyana berada di Kota Sapporo, Prefektur Hokkaido. Hanya 15 menit berkendara dari Stasiun Sapporo. Disini ada berbagai hewan seperti jerapah, singa, kuda nil, berbagai jenis monyet, burung, kangguru, dan berbagai hewan lainnya. Di kebun binatang ini juga memiliki hewan khas cuaca utara yang lebih dingin seperti beruang cokelat Hokkaido, rusa sika Hokkaido, serigala eastem, anjing laut tutul, dan macan tutul salju. Beberapa hewan di sini menjadi lebih aktif pada musim dingin jadi pengunjung dapat menikmati kebun binatang ini sepanjang tahun.

Hewan yang populer di kebun binatang ini adalah beruang kutub dan panda merah. Ada juga souvenir khusus bergambar beruang kutub cocok dijadikan buah tangan.

Kebun binatang ini di buka dari pukul 09.30 sepanjang tahun dan tutup pukul 16.30 dan pukul 16.00

4.Menara Jam Sapporo

1clocktower
photo by : images.yuktravel.com

Menara jam Sapporo merupakan bangunan tua yang berumur sekitar 135 tahun, terletak di tengah kota Sapporo prefektur Hokkaido. Menara jam ini dibangun pada tahun 1878, awalnya digunakan sebagai tempat pelatihan militer. Meskipun sudah berusia lebih dari satu abad, menara ini masih terawat dengan baik dan berdiri dengan kokoh diantara bangunan pencakar langit sekarang.

Di menara jam ini, Anda juga bisa melihat ruang eksibisi yang memamerkan sejarah akademi pertanian Sapporo seperti artefak makanan dan catatan para pelajar, yang berada di lantai pertama. Selain itu ada juga ruang musik dan model cara kerja jam di lantai dua bangunan. Jam di menara ini ternyata tidak menggunakan energi listrik atau baterai melainkan menggunakan gaya gravitasi, yaitu bagian bawah jam terdapat 50kg kotak batu dan 150kg lonceng yang tetap berfungsi dengan baik dalam kurun waktu yang sangat lama.

Menara jam Sapporo ini adalah tempat wisata bersejarah yang wajib untuk masuk dalam daftar perjalanan Anda ketika berada di Sapporo. Bangunan ini juga sangat mudah di akses hanya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun JR Sapporo.

5.Gunung Moiwa

1423064047479
photo by : www.pidas81.org

Gunung Moiwa berada disekitar pusat Sapporo dengan ketinggian 531. Dari puncak gunung ini Anda bisa melihat atap Sapporo dan Teluk Ishikari laut Jepang dan menikmati panorama besar pegunungan dari jauh sampai ke gunung shokanbetsu di Mashike. Anda bisa naik kereta kabel dari kaki gunung sampai pertengahan atau dengan mobil melalui jalan tol pariwisata gunung moiwa.

Dikalangan penduduk kota Sapporo tempat ini sangat populer sebagai jalur mendaki gunung, ada 5 jalur pendakian, yaitu jalur terpendek 2,4km dan jalur terpanjang 4,5km. Biasanya pada akhir pekan di musim panas jalannya penuh dengan para pendaki gunung.

6.Hakodate National Park

5356_02
photo by : www.japan-guide.com

Hakodate merupakan sebuah tempat wisata yang tak kalah populer di Hokkaido. Hakodate ini merupakan kota pelabuhan yang terkenal dengan pemandangan malamnya yang sangat indah.

spot0102_photo01
photo by : shinkansen-access.visit-hokkaido.jp

Dari sini Anda juga bisa melihat benteng goryokaku yang berbentuk bintang dan juga merupakan salah satu objek wisata di kota ini. Disertai pemandangan Hakodate yang indah.

7.Furano

lavender3
photo by : the-dailyjapan.com

Sebuah kawasan perkotaan yang terletak di prefektur kamikawa, Hokkaido, Jepang. Kota yang terkenal dengan ladang levendernya dan berbagai produk alamnya. Selain itu Furano juga terkenal dengan objek wisata musim dingin karena tersediannya arena ski.

Dari sini Anda juga bisa melihat pemandangan yang mengagumkan, yaitu bunga lavender yang terbentang luas pada petak-petak kebun yang luas. Hamparan bunga-bunga lavender ini akan membuat Anda takjub untuk tetap memandangnya. Selain bunga lavender sebagai daya tarik utama juga ada bunga yang lainnya, seperti lili, salvia, cosmos, dan sebagainya.

Furano terbagi oleh sungai sorachi, yaitu sebelah timur pusat kota dan sebelah barat arena ski kitanomine. Jika Anda ingin menjelajahi ladang lavender, Anda bisa menaiki lavender bus atau kereta Furano-Biei Norokko Train yang akan melewati ladang bunga dengan berbagai pemandangan yang sangat indah.

8.Noboribetsu

onsen0
photo by : www.tpa.or.th

Noboribetsu adalah resort onsen yang paling populer. Disini terdapat sekitar 11 jenis air alami, beberapa diantaranya memiliki kualitas air terbaik di Jepang.

Ada juga tempat yang disebut dengan lembah neraka, yaitu aliran sungai yang bersumber dari mata air panas alami. Noboribetsu ini telah menarik perhatian sebagai salah satu pemandian air panas yang terbaik di Hokkaido. Tak diragukan lagi, Anda bisa menikmati pemandian air panas dengan ditemani pemandangan lanskap bersalju yang tak mungkin Anda lupakan.

Meski noboribetsu di kelilingi oleh alam yang kaya, tapi tempat ini sangat mudah diakses, jaraknya kurang satu jam dari chitose baru dan satu jam lebih sedikit dari Sapporo.

9.Otaru

otaru-snow-festival_orig
photo by : www.hokkaidonaturetours.com

Otaru merupakan kota pelabuhan dan menjadi roda perekonomian di Hokkaido. Dan sekarang Otaru menjadi salah satu atraksi favorit prefektur Hokkaido, Jepang. Otaru nampak terawat dan dikelilingi oleh bangunan tua yang menambah nuansa antik kota ini.

Tak hanya itu, ketika kota Otaru mulai tertimbun dengan salju, maka tak akan jauh beda dengan kota Sapporo, adanya boneka salju yang bercahaya dan aneka bentuk rumah yang dibuat oleh para pemilik toko ini menambah gemerlapnya kota. Dan tak ketinggalan juga lentera kecil dengan berbagai ukuran dipasang di depan toko mereka.

10.Genghis Khan (Jingisukan) Food

genghis2bkhas-hokkaido
photo by : 1.bp.blogspot.com

Genghis Khan adalah makanan khas Hokkaido yang wajib untuk untuk di coba. Makanan ini mengambil nama dari kekaisaran Mongol pada abad ke-13. Racikan dari makanan Genghis Khan ini adalah hidangan daging domba atau kambing, dan sayuran yang dimasak langsung dipanggangan. Cara makannya dengan daging yang dicelupkan ke saus shoyu yang masih berada di panggangannya.

Leave a Reply