Blog

Daging Sapi Kobe (Wagyu), Daging Termahal Didunia

Daging sapi juga populer didunia. Menyebut daging sapi Jepang pastilah teringat wagyu. Daging sapi yang satu ini terkenal berkualitas tinggi karena super lembut dan super empuk.

mukaku_osu
photo by : image.rakuten.co.jp

Wagyu sendiri berasal dari dua suku kata Jepang, Wa artinya Jepang dan Gyu yang berarti daging sapi. Sehingga, Wagyu memiliki arti daging sapi Jepang. Berbeda dengan kehidupan jenis sapi lainnya, sapi-sapi di Jepang yang tinggal di pegunungan tinggi memang benar-benar memiliki keistimewaan.

Daging sapi wagyu diakui yang paling mahal. Daging wagyu pada umumnya dijual mahal karena memiliki keistimewaan. Sapi wagyu (kobe) tidak selalu di dalam kandang. Mereka boleh menikmati rumput di ladang yang hijau, tapi tetap saja gerak mereka terbatas. Sapi ras wagyu menghasilkan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi daripada daging sapi lainnya.

0000209
photo by : 2.bp.blogspot.com

Dari umur 3 bulan, sapi sudah masuk ke pertenakan khusus, jauh dari keramaian, sepi, dan tenang. Jadi sapi jauh dari kata stres, bahkan suhu didalam kandang sangat terjaga agar tidak terlalu dingin atau panas pada saat terjadi perubahan cuaca. Bahkan, untuk setiap orang yang masuk ke dalam kandang wajib disterilkan agar sapi tidak kena kuman.

Untuk pakan sapi ras wagyu sangatlah terjaga, seperti dedak, gandum, jerami, jagung, dan kedelai. Jika ada sapi yang kedapatan kurang napsu makan, maka akan diberi bir. Setiap hari sapi-sapi ini akan dimandikan, bulunya yang hitam akan selalu disikat agar bersih. Juga tubuh sapi akan dipijat dengan sake agar lemaknya tersebar sempurna keseluruh tubuh dan bebas kutu.

Rasa daging wagyu akan lebih enak karena memang sapi itu dirawat dan dijaga dengan sebaik mungkin, agar nantinya ketika siap untuk dijual harganya sangat mahal. Daging sapi wagyu memiliki pola marble yang sangat baik. Lemaknya seakan meresap kedalam serat daging dan akan terasa lumer ketika Anda mengolahnya. Dan hasilnya adalah daging akan terasa gurih dan empuk dengan sangat sempurna, bahkan ketika Anda sudah memasaknya dengan matang.

Baca Artikel :   Wisata Jepang menuju ke Edo Wonderland bersama Tour Jepang

Lalu bagaimana agar sapi tetap gemuk dan terawat dengan baik ketika berada di dalam peternakan. Ini adalah tiga metode yang digunakan oleh peternak Jepang bagaimana merawat sapi wagyu dengan baik :

1.Pengandangan

Cara ini adalah cara klasik untuk mendapatkan daging sapi wagyu yang berkualitas dan berkuantitas. Pakan 100% terjaga dan aktivitas sapi yang dibatasi akan menghasilkan daging sesuai dengan perencanaan. Sapi dikandangkan secara individual dalam skat-skat yang tertutup. Kandang dibuat agar bisa dibuka dan ditutup untuk berjaga-jaga ketika musim dingin suhu sangat rendah dan musim panas suhu bisa sangat tinggi. Sapi-sapi ini juga sepenuhnya tinggal didalam kandang sampai nantinya siap untuk dipotong.

2.Pakan

Pakan yang diberikan sesuai dengan perkembangan musim. Makanan di musim dingin bersifat menghangatkan, bahkan kadang sapi-sapi ini mendapatkan asupan beer agar tubuh mereka tetap hangat pada musim dingin dan juga meningkatkan napsu makan mereka. Sedangkan pada musim panas, pakan sapi diberi sari buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena pada musim panas tubuh mereka lebih rentan pada penyakit.

Tidak itu saja, sapi-sapi ini juga mendapatkan asupan vitamin untuk meningkatkan selera makan mereka. Biasanya vitamin ini ditambahkan pada minuman atau berupa minuman yang sejenis dengan jamu. Kebanyakan pakan yang diberikan adalah perpaduan energi, lemak dan protein dengan kadar zat besi dan magnesium tinggi, agar bisa menghasilkan daging dengan warna merah.

3.Perawatan

Sapi-sapi wagyu biasanya mulai digemukan pada usia 14 bulan dan mulai akan dipotong ketika berat mereka mencapai 700kg ketika sudah berusia 27 bulan. Dan selama proses ini mereka akan difokuskan dalam hal penggemukan melalui pakan. Kandang mereka akan diberi terapi treadmill untuk membantu menciptakan otot yang kuat, terutama ketika musim dingin sekaligus untuk memberikan efek hangat pada tubuh mereka.

Baca Artikel :   Harga Menarik Untuk 10 Hotel Yang Murah di Ikebukuro Tokyo

Kebersihan kandang menjadi prioritas utama. Setiap 2 minggu sekali sapi dikeluarkan dari kandang, dipijat satu demi satu, dan digembalakan sesaat di lahan yang rerumputannya sengaja ditanam sendiri agar sapi bisa makan sesuai dengan standar konsumsi. Sapi akan dipijat dengan sikat jerami yang diyakini dapat membantu penyebaran lemak dalam daging. Sementara itu kandang akan dibersihkan secara manual untuk membersihkan kotoran yang tersembunyi agar kandang bersih dengan sempurna.

Itulah beberapa daftar rahasia metode klasik, bagaimana daging wagyu bisa sangat mahal dan lebih enak daripada daging sapi biasa.

Daging wagyu memiliki ciri khas yang membuatnya mahal dan enak, yaitu daging sapi kobe memiliki kontur yang berbeda dengan daging sapi lainnya, karena lapisan lemak antar serat daging yang banyak. Daging wagyu memiliki tatanan yang sempurna mulai dari warna daging, warna lemak lapisan lemak, dan tekstur daging. Bagian termahal daging sapi wagyu jika untuk steak adalah bagian tenderloin yang merupakan daging steak terbaik.

Daging wagyu memiliki karakter tekstur yang khas dan rasa yang berbeda, maka cara memasaknya pun tidak sembarangan. Daging wagyu sebaiknya dimasak secepatnya setelah pemotongan. Hal ini dilakukan untuk menjaga aroma dan cita rasa daging tetap enak.  Untuk hasil yang baik, masak daging wagyu ¾ matang.

Tak heran jika daging wagyu memiliki cita rasa yang istimewa. Dagingnya yang empuk dan lembut membuat wagyu mudah meleleh dilidah. Setelah dimakan rasa enaknya seakan tetap menempel diujung lidah.

Begitu istimewanya daging wagyu tak heran jika harganya sangat mahal. Bahkan bisa dibilang harga di Jepang 100kg daging wagyu bisa seharga 300 ribu.

Related Post

20 Hotel Direkomendasikan di Tokyo Jepang Wisata di Tokyo bisa menjadi sangat mahal, jika anda ingin menginap di hotel yang nyaman namun harga terjangkau atau hanya ingin menghabiskan uang and...
Menikmati Makan Siang, 7 Restoran yang Direkomendasikan di Osaka Beragam masakan bisa didapat di kota Osaka. Wajar jika turis yang mengunjungi ibukota ini ingin merasakan makanan lezat setempat untuk makan siang. Te...
Tempat Yang Cocok Untuk Berkunjung Para Pecinta Otaku di Jepang Usia 20-an. Tempat Terkenal antara K... Jalan-jalan di Kyoto yang tertata rapi menurut ke 4 arah. Masing-masing jalan memiliki ciri khas tersendiri dan menarik wisatawan setiap hari. "Saya i...
8 Tempat Terbaik Yang Menarik Dikunjungi di Jepang Ini bulan Februari, bulan penuh kasih sayang. Ini akan menjadi kejutan kecil bahwa Februari khususnya pada hari Valentine adalah waktu yang paling pop...
Open Trip Paket Tour Jepang Autumn 28 November – 3 Desember 2018 Open Trip Paket Tour Jepang Autumn 28 November - 3 Desember 2018 TourJepang.co.id akan membuka Paket Tour Jepang pada bulan November sampai awal ...
10 Tempat Wisata untuk Berkunjung ke Saitama Jepang 10 Tempat Wisata untuk Berkunjung ke Saitama Jepang Punya sedikit waktu luang dan ingin berangkat untuk perjalanan sehari dari Tokyo? Prefektur Saita...
Hokkaido Explore bersama Mr.Benny Asrul Professional Photografer Hokkaido Explore bersama Mr.Benny Asrul Professional Photografer https://www.youtube.com/watch?v=g4Yb4cPTWqQ Setiap musim winter di Jepang selalu m...
Lapar di Hakata? Inilah 8 Tempat Ramen yang Direkomendasikan Jika anda mengunjungi Fukuoka, anda harus mencicipi ramen Hakata. Ada begitu banyak kedai ramen dan anda tidak akan tahu bagaimana menemukan ramen yan...
Advertisements

Leave a Reply