Blog

Hanami adalah Langkah Melihat Bunga Sakura Mekar

Ketika sakura mekar di Jepang, semua orang bergembira dan merayakan dengan pesta terbuka yang disebut ‘hanami’. Artikel ini memperkenalkan informasi penting tentang sakura dan bagaimana mengatur pesta hanami.

hanami-sakura-di-taman-rikugien-tokyo
photo by : asset.infojepang.net

Hanami (“melihat bunga”) adalah acara Jepang diadakan di musim semi, di mana orang melihat bunga sakura. Dalam hal ini, bunga-bunga secara khusus dipertimbangkan untuk menjadi bagian dari hanami adalah sakura atau cherry blossoms, bagaimanapun, melihat plum dan peach bunga juga bisa disebut “hanami”.

Awalnya, hanami adalah sebuah acara kalangan bangsawan, di mana peserta yang dengan membuat puisi pendek Jepang atau waka di bawah pohon sakura. Secara bertahap berkembang menjadi gaya Jepang, di mana orang-orang makan dan minum saat melihat bunga-bunga.

Dikatakan bahwa hanami memiliki dua asal-usul mungkin, salah satunya adalah acara keagamaan. Petani di masa lalu diprediksi bagaimana panen akan pergi dan memutuskan kapan mereka akan menanam benih didasarkan pada bagaimana bunga sakura telah mekar setiap tahun.

Asal kedua mungkin adalah salah satu yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu pesta melihat bnga sakura orang-orang berkumpul bersama-sama dan makan menyenangkan dan minum, seperti pihak hanami yang digelar hari ini. Jenis hanami dimulai antara kaum bangsawan dan sejarah peristiwa tersebut sering disebutkan dalam sastra Jepang.

Misalnya, Man’yōshū (antologi tertua puisi Jepang), selesai sekitar 783, memiliki banyak puisi yang terinspirasi oleh bunga. Namun pada saat itu, ketika orang-orang menebutkan bunga, mereka mungkin mengacu pada bunga plum daripada sakura.

The Kokin Wakashū, yang merupakan sebuah antologi puisi Jepang disusun sekitar 905, dan kisar dari Genji, yang merupakan novel panjang yang ditulis sekitar tahun 1008, menggambarkan bagaimana orang-orang menikmati hanami di bawah pohon sakura pada waktu itu. Dari kali ini, konsep hanami mengacu pada melihat bunga sakura menyebar dan menjadi jauh lebih terkenal.

Kebiasaan hanami, yang awalnya adalah kegiatan rekreasi dari kaum bangsawan, menjadi cukup populer dengan samurai dan orang-orang umum dan berkembang menjadi aktivitas air tercinta yang terjadi sekarang.

Musim Bunga Sakura dan Jenis Bunga Sakura

Masa mekar bunga sakura bervariasi dari tahun ke tahun tergantung pada kondisi iklim dan cuaca. Musim sakura pada tahun 2016 mulai dari 26 Maret di Tokyo dan dari 28 Maret / 29 di Kyoto dan Nara. Bunga-bunga cenderung mekar penuh sekitar seminggu sesudahnya, biasanya pada minggu pertama atau lebih dari April.

Sakura at Nishi Koen, Chou-Ku, Fukuoka-Shi, Japan, April 2004.
photo by : botanyboy.org

Sakura pada gambar di atas adalah ‘Somei Yoshino’ (Sakura Yoshino), yang paling sering terlihat di Jepang. Somei Yoshino pertama kali dibudidayakan sekitar 1860 di Tokyo.

prunus-sato-zakura-kanzan-flowering-cherry-600x600
photo by : leafland.co.nz

Jenis bunga sakura pada gambar di atas disebut Satozakura (sakura desa). Hal ini juga disebut Yaezakura (sakura bertumpuk) karena memiliki beberapa kelopak berlapis. Ia mulai mekar setelah Somei Yoshino, biasanya mekar dari tengah ke akhir April di Tokyo.

cheals-weeping-cherry-tree-blossom-prunus-kiku-shidare-zakura-england-en40rf
photo by : h7.alamy.com

Shidare zakura (sakura menangis), yang mekar seminggu lebih awal dari Somei Yoshino, dikenal karena cabang yang indah. Umur dari Shidare zakura cukup panjang, di prefektur Fukushima ada pohon Shidare zakura disebut Miharutaki-zakura yang berusia lebih dari 1.000 tahun. zakura Shidare sebagian besar ditemukan di Kyoto, seperti di kuil Daigoji. Di Tokyo, Anda dapat menemukan mereka di taman Rikugien, yang terletak di daerah Komagome.

Yang Harus Anda Bawa ke pesta Hanami

Item yang paling diperlukan adalah sesuatu yang dapat untuk duduk. Memiliki terbal piknik seperti yang ada di gambar di atas adalah yang terbaik, karena tahan air dan semua orang bisa duduk di atasnya bersama-sama.

Anda juga harus membawa banyak hal untuk makan dan minum, makanan ringan pasti meningkatkan suasana menyenangkan piknik. Pakai atau plastik piring, cangkir, garpu dan sumpit juga berguna, serta serbet Anda sendiri, tisu basah dan kantong sampah juga.

Tempat Hanami terkenal di Tokyo

myp0218150331
photo by : coolphotojapan.com

Yoyogi Park, yang merupakan taman luas yang terletak dekat Harajuku, dan deretan pohon sakura di sepanjang Sungai Meguro, di mana lebih dari 800 pohon sakura ditanam di sepanjang sungai 3,8 kilometer, adalah tempat hanami paling terkenal di Tokyo. Selama musim bunga sakura, Anda dapat merasakan suasana festival yang menarik di mana-mana di Jepang. Hanami juga merupakan acara yang terbaik untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan penduduk setempat juga.

One comment

  1. Siang pak dion. Ut paket tour ke jepang bln juni sdh ada belum. Tl

    Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Leave a Reply