Blog Gifu Wisata Jepang

Menikmati Jepang Tempo Dulu di Shirakawa-Go Jepang

Menikmati Jepang Tempo Dulu di Shirakawa-Go Jepang

Menikmati Jepang Tempo Dulu di Shirakawa-Go – Liburan ke Jepang pasti Anda kewelahan memilih lokasi mana yang cocok untuk Anda datangi, karena Jepang menyuguhkan berbagai destinasi menarik mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya sampai wisata alam. Namun, liburan Anda kali ini mungkin alangkah menariknya jika Ana berkunjung ke Shirakawago, sebuah destinasi yang akan membuat liburan Anda berbeda dari sebelumnya. Tidak melulu liburan ke tempat yang modern, ada baiknya jika Anda berkunjung ke Jepang Anda menyempatkan berlibur ke tempat tempat tradisional yang akan memperkenalkan Anda dengan Jepang lebih dekat.

Shirakawa-go-in-Winter by thepoortraveler.net
Shirakawa-go-in-Winter by thepoortraveler.net

Shirakawa-go dan daerah tetangga Gokayama  adalah daerah yang berbaris di Lembah Sungai Shogawa di pegunungan terpencil yang membentang dari Gifu ke prefektur Toyama. Di nyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1995, dan mereka terkenal dengan rumah pertanian tradisional gassho-zukuri mereka, yang beberapa di antaranya berusia lebih dari 250 tahun.

Gokayama by thepoortraveler.net
Gokayama by thepoortraveler.net

Gassho-zukuri berarti “dibangun seperti tangan dalam doa”, karena atap jerami rumah tangga yang curam menyerupai tangan biksu yang ditekan bersama dalam doa. Gaya arsitektur berkembang selama beberapa generasi dan dirancang untuk menahan sejumlah besar salju tebal yang jatuh di wilayah ini selama musim dingin. Atap, dibuat tanpa kuku, disediakan ruang loteng besar yang digunakan untuk mengolah ulat sutera.

Ogimachi, desa terbesar dan daya tarik utama Shirakawa-go, melakukan perjalanan sehari yang menyenangkan dari Takayama, atau berhenti dalam perjalanan bus antara Takayama dan Kanazawa. Cara terbaik untuk menjelajahii kota, bagaimanapun, adalah menginap di salah satu rumah pertanian, yang banyak di antaranya sekarang berfungsi sebagai minshuku.

Baca Artikel :   Pastikan Anda berkunjung ke 7 Lokasi ini Jika Berlibur ke Kamakura, Jepang

Jika Anda berkunjung ke Gokayama akan sedikit lebih sulit untuk mengakses dan membutuhkan perubahan bus di Ogimachi. Lokasi ini kurang berkembang dan kurang ramai dari pada Shirakawa-go, desanya lebih kecil, lebih intim dan kurang intrusi dari bangunan modern. Jika Anda berkunjung ke Desa Gokayama yang paling bagus adalah Suganuma dan Ainokura

Lokasi di Jepang

Shirakawa-go terletak di bagian utara-barat Prefektur Gifu, di perkiraan pusat Jepang. Nama “Shirakawa-go” diambil dari nama tradisional Jepang untuk wilayah yang digunakan pada zaman kuno. Ini setara dengan wilayah administrasi modern “Desa Shirakawa”. Selain itu desa ini terletak di wilayah sejarah yang lebih luas yang dikenal dengan nama “Hida”. Saat ini, namanya sering digabungkan, memberi nama “Hida Shirakawa-go”.

hida shirakawa-go by japanican.com
hida shirakawa-go by japanican.com

Tempat-tempat wisata Shirakawar-go dapat dibagi menjadi dua area, yaitu :

  1. Warisan Dunia Unesco mendaftarkan Desa Gaya Ogi-machi Gassho membentuk “Kawasan Warisan Dunia”

Di “World Heritage Area”, rumah bergaya gassho yang dibangun dari sekitar 1800 masih bertahan sampai hari ini. Di daerah ini, bahkan sekarang, masyarakat terus menjalani kehidupan sehari-hari mereka, dikelilingi oleh pemandangan yang unik dan indah.

shirakawago dari ketinggian by post307.wordpress.com
shirakawago dari ketinggian by post307.wordpress.com
  1. Wilayah sekitar desa hot spring Hirase dikenal sebagai “Kawasan Alam Selatan”

Berpusat pada desa air mancur Hirase, “Southern Nature Area” adalah daerah yang penuh dengan keindahan pedesaan, dimana alam dapat dinikmati secara penuh. Air mata air Hirase diambil dari kaki Gunung. Haku, salah satu dari tiga gunung terkenal di Jepang, dan dikatakan mempromosikan kulit yang indah, membuat mereka populer dengan para pengunjung wanita.

shirakawa-go_village by travel.kompas.id
shirakawa-go_village by travel.kompas.id

Bagiamana ? Apakah Anda memiliki gambaran dan semakin tertarik berkunjung ke lokasi ini ? Shirakawa-go adalah tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi, selain itu juga merupakan tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk refreshing dan benar benar merasakan tempat tradisional dan jauh dari kebisingan.

Baca Artikel :   Terletak Paling Utara Dari Jepang! 10 Yang Direkomendasikan di Wakkanai, Hokkaido

Hal yang menarik dari tempat ini adalah  bisa terbilang lokasinya tidak mudah di jangkau, namun itu yang membuatnya menjadi menarik. Di desa ini terdapat rumah-rumah tradisional Jepang bergaya gassho-zukuri. Jumlahnya mencapai 114 buah, sangat banyak dan membuat Anda tidak sabar untuk berfoto foto.  Di Gokayama juga tak jauh beda, terdiri dari sekumpulan rumah berbentuk gassho-zukuri.

Rumah yang ada semuanya asli dan usianya sudah mencapai ratusan tahun, sehingga memang akan mendapatkan sensasi masa lalu dengan kawasan yang terjaga kebersihannya dan perawatannya. Menariknya lagi, rumah-rumah yang ada memang benar benar di huni sehingga fungsinya masih bisa Anda lihat sampai saat ini. Mulai dari rumah tinggal, kuil, hingga kandang kuda. Tak sedikit juga yang berubah fungsi menjadi minshuku, alias penginapan tradisional yang dikelola oleh keluarga (Ada juga yang mengubah bangunannya menjadi museum, maupun membuat aneka workshop). Menarik kan?

Lalu kapankah waktu terbaik mengunjungi Takayama & Shirakawa-go?

Untuk Anda yang tidak pernah bertemu dengan salju, berkunjung ke Shirakawa-go dan Takayama sedang musim dingin sehingga banyak salju adalah waktu yang sangat cocok . Keuntungannya adalah pemandangannya unik khususnya buat kita yang jarang lihat salju, apalagi saljunya bisa sanag tebal.  Anda akan melihat pedesaan jaman Jepang tempo dulu di sertai salju salju yang menempel di atap apanya dan hamparan warna putih yang menyertainya. Siapkan kamera dan pakaian tebal jika Anda tertarik berkunjung ke sana!

winter by www.toki.tokyo
winter by www.toki.tokyo

Related Post

Paket Wisata Tour ke Shirakawago – Tokyo Jepang 3 Hari 2 Malam Paket Wisata Tour ke Shirakawago Tokyo Jepang 3 Hari 2 Malam Tour ke Shirakawago 3 Hari 2 Malam dari Tokyo di Jepang adalah paling favorit dalam 3 ...
7 Alasan Untuk Anda Mengunjungi Kyushu Jepang Dalam eksplorasi wilayah-wilayah di Jepang yang berbeda-beda. Hari ini kami akan menuliskan beberapa alasan kenapa Anda wajib untuk mengungjungi Kyush...
Advertisements

Leave a Reply