Unik dan Menarik, Inilah Tempat Wisata di Shirakawago dan Gokayama

Kanda House Shirakawa Go

Unik dan Menarik, Inilah Tempat Wisata di Shirakawago dan Gokayama

Jepang. Siapa yang tak kenal dengan negeri Matahari Terbit ini. Menyimpan segudang pesona, Jepang nyatanya juga tak luput dari popularitasnya sebagai negara dengan pemandangan dan tempat wisata yang sangat eksotis. Tak heran jika dengan kenyataan semacam ini, Jepang menempati nomor atas dalam urutan negara yang paling banyak dikunjungi di Benua Asia.

Bicara soal Jepang memang rasanya tidak ada habisnya. Selain mahir dalam menciptakan produk-produk dengan teknologi tinggi dan perekonomian yang maju, jepang juga menjadi negara yang recomended untuk Anda sambangi lantaran negara ini menyuguhkan fasilitas dan kenyamanan berlibur yang tiada duanya.

Ya, tak terkecuali dengan Shirakawago dan Gokoyama. Dua wilayah ini tentu sudah tak asing lagi bagi Anda yang gemar travelling dan mengunjungi tempat-tempat baru. Adapun ciri khas dari kedua daerah ini adalah kesan eksklusif yang dapat anda jumpai. Mulai dari rumah adat, kearifan lokal, destinasi wisata yang ciamik, hingga tak ketinggalan penginapan dan sajian kulinernya yang menggoda selera.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung mencari rekomendasi liburan yang mengesankan, mendatangi tempat wisata di Shirakawago dan Gokoyama berikut ini adalah pilihan tepat yang sayang sekali untuk Anda lewatkan. Selengkapnya, berikut informasi mengenai referensi objek wisata yang bisa Anda jadikan panduan.

  1. Kanda House

Bagi Anda yang gemar melakukan wisata sejarah atau ingin sekali berwisata sembari menambah edukasi, Kanda House nampaknya sudah menunggu kedatangan anda. sebenarnya, di Shirakawago Anda dapat dengan mudah menjumpai situs sejarah Kanda House dan Wada House.

Kanda House Shirakawa Go
Image From japanphotoguide.com

Lantaran sangat dijaga oleh masyarakat setempat, Anda diharuskan untuk melepas sepatu dan hanya diperkenankan untuk memakai alas kaki saja saat memasuki bangunan bersejarah ini.

Anda pun harus siap dengan rasa dingin yang menyerang lantaran semua sisi dari Kanda House ini terbuat dari kayu. Oleh karena itu, saat Anda berencana mengunjungi tempat wisata di Shirakawago dan Gokoyama, Anda harus menyiapkan pakaian dan kaos kaki yang super tebal.

  1. Satou Restaurant

Siapa bilang Jepang tak punya sajian makanan yang lezat dan menggoda. Satou Restaurant terletak di depan Shirakawago Bus Terminal. Untuk bisa menemukannya, Anda hanya perlu mencari rumah kayu dengan aksara Jepang. Atau jika dibaca berbunyi Satou. Ada kisah menarik dibalik berdirinya restaurant ini sampai sekarang dan tetap menjadi rekomendasi yang wajib dikunjungi oleh turis dan wisatawan.

Baca Artikel :   Berkunjung Ke Wakkanai? Ini Dia 10 Tempat Wisata Di Kota Wakkanai Yang Bisa Anda Kunjungi
Satou Restaurant Shirakawa Go
Image from jalan2kejepang.com

Satou Restaurant dikelola oleh sepasang suami istri yang sudah tua namun mereka sangat romantis. Untuk menunya, Anda bisa menikmati Onigiri. Harga yang mereka tawarkan berkisar 80 ribu sampai 110 ribu. Ruangan yang hangat dengan jamuan teh panas yang disandingkan dengan onigiri akan menyelamatkan Anda dari rasa lapar yang menggerogoti perut.

  1. Shiroyama Observatory Deck

Apabila Anda tertarik untuk menyaksikan bagaimana indahnya desa Shirakawago, tempat wisata di Shikarawago dan Gokoyama ini harus masuk dalam urutan destinasi yang mutlak Anda sambangi. Jika anda mengunjungi kawasan ini saat musim dingin, maka dingin akan menerpa tubuh anda hingga terasa linu.

Shiroyama Observatory Deck Shirakawa Go
Image from livingnomads.com

Namun Anda juga akan memperoleh background foto yang sangat ciamik dengan gumpalan salju disepanjang kanan dan kiri Anda yang tentunya menyelimuti desa kecil nan cantik ini. Anda dapat mencapai desa Shikarawago tersebut dengan berjalan kaki, atau dengan menaikkan bus dengan tarif 200 Yen.

  1. Kuil Myonzenji

Bukan berarti jika Anda mendambakan liburan yang mengesankan, Anda bisa melewatkan eksotisme kuil-kuil kuno Jepang yang sangat mengagumkan. Ciri khas yang paling menonjol dari kuil ini adalah mempunyai atap jerami dan tidak memilih menyertakan ubin tradisional untuk membangunnya.

Kuil Myonzenji
Image from id.japantravel.com

Arsitektur dari kuil ini juga tak unik untuk Anda pelajari. Nuansa Jepang dari zaman dulu hingga sekarang yang masih terawat dengan baik beserta isinya. Disamping kuil tersebut juga terdapat rumah imam lokal. Anda juga dapat mendatangi aula yang berada tak jauh dari kuil Myonzenji ini. Aula cantik tersebut juga merupakan spot paling instagramable yang paling diburu wisatawan.

  1. Ainokora

Destinasi yang berada di Ainokura ini termasuk desa Prefektur Toyama dan merupakan desa yang memiliki luas wilayah kecil serta terpencil. Ainokuro terletak di wilayah lereng pegunungan yang sempit. Namun dijamin dapat memanjakan mata Anda lantaran view cantiknya yang sangat ampuh dalam merefresh pikiran yang penat. Ainokura juga bagian dari Sungai Sho yang ada di sebelah baratnya.

Baca Artikel :   Jangan Lupa Kunjungi Fushimi Inari Taisha di Kyoto, Kuil Sekaligus Tempat Wisata Jepang yang Menarik
Ainokora Shirakawa Go
Image from japan-guide.com

Desa ini mempunyai ketinggian 400 meter dari permukaan laut dan dikelilingi oleh hutan serta pegunungan. Jumlah penduduk Ainokura ini hanya sekitar 90 jiwa yang terdiri atas 27 kepala keluarga. Benar-benar jauh dari hiruk pikuk kota dan sangat nyaman untuk Anda jadikan sebagai lokasi liburan bukan?.

  1. Ogimachi

Tempat wisata di Shirakawago dan Gokayama yang selanjutnya adalah desa utama sekaligus terbesar yang berada di wilayah tersebut. Tepatnya ada di Shirakawago Perfektur Gifu. Sementara itu, wilayah tengah Ogimachi  berbatasan dengan Sungai Sho di tepi timur.

Ogimachi Shirakawa Go
Image from japanhoppers.com

Adapun dengan luas yang sekitar 52 hektar dan ketinggian 500 meter dari permukaan laut.  Meski penghuni desa ini mencapai 52 keluarga, namun Anda tak perlu khawatir lantaran penduduk disini sangat ramah terhadap wisatawan. Jika anda mau menyempatkan diri untuk wisata religi, Anda dapat menilik keunikan kuil Shinto serta dua kuil Budha yang terletak di ujung selatan desa.

Setelah Anda mengetahui tempat wisata di Shirakawago dan Gokayama, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana caranya Anda bisa mencapai lokasi tersebut. Pusat transportasi areanya berada di Ogimachi dan untuk bisa sampai ke desa ini, pengujung dapat menaiki bus dari Takayama, Nagoya, Toyama, dan Kanazawa. Bus Terminal Shirakawago ini tak jauh dari pintu masuk desa dan Ogimachi juga tak terlalu luas sehingga Anda dapat menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki.

Sementara itu, Ainokura ada di wilayah yang terpencil. Untuk kesini, Anda bisa naik bis dari Ainokura-guchi. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari terminal utama Shirakawago tersebut.

Shirakawa-go dan Gokayama ini merupakan 2 perfektur di tengah Pulau Honshu, Jepang. Area yang luasnya 68 hektar ini juga dekat dengan lembah pegunungan yang seringkali tertutupi salju saat musim dingin datang. Gunung utama yang membatasi lembah tersebut adalah Gunung Haku (Hakusan). Di sekitar tengah dari area ini mengalir Sungai Sho yang setelahnya akan bermuara di Laut Jepang. Tak ayal dengan letaknya yang begitu terpencil, wilayah ini sangat jauh dari modernisasi.

Baca Artikel :   Rangkaian Acara Pada Musim Gugur di Jepang dan Festival Momiji Kawaguchiko

Rumah-rumah adat Jepang seperti gassho-zukuri juga telah dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO World Heritage Site pada tahun 1995 dengan nama Historic Villages of Shirakawa-go and Gokoyama. Rumah penduduk juga didesain dengan sederhana dan tetap nyaman saat musim dingin. Dengan ukuran yang besar dan tinggi, sebagian besar atapnya terbuat dari jerami.

Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang tempat wisata di Shirakawa dan Goyokama?

Untuk Tour Shirakawago dari Tokyo atau dari Osaka bisa Konsultasi dengan Team TourJepang.co.id 

FOLLOW Instagram kami di @tourjepang untuk Testimoni Customer, Promo Tiket dan Promo Paket, dan Aktifitas di Jepang.

Jika anda mempunyai Tiket dan ingin melakukan perjalanan di Osaka klik 

Private Tour ke Jepang

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: