Kembali Pada Abad Ke-7 Dengan Menilik Kuil Horyuji dan Tempat Wisata di Nara Lainnya

Kuil Kasuga Taisha Nara Jepang

Kembali Pada Abad Ke-7 Dengan Menilik Kuil Horyuji dan Tempat Wisata di Nara Lainnya

Nara, sebuah kota yang berada di Negara Jepang itu tampaknya tidak pernah sepi pengunjung. Kota yang memiliki luas wilayah hingga 276.84 km2 ini berada di bagian utara Prefektur Nara serta berbatasan dengan Kyoto.

Kota yang dahulu pernah menjadi Ibu Kota Jepang tersebut juga sangat terkenal dengan Monumen Historis Nara Kuno dan masih kental dengan budaya serta nuansa religi agama Buddha. Kota yang menyimpan Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut juga memiliki banyak tempat wisata lainnya yang menjadi “kunjungan wajib” para wisatawan yang singgah di Jepang.
Nah, berikut beberapa tempat wisata di Nara yang recomended untuk Anda kunjungi:

1. Kuil Kofuku-ji

Kuil Kofuku-ji Nara Jepang
Image from japanhoppers.com

Kuil yang berada di sebelah barat Taman Nara itu merupakan salah satu kuil di Nara yang terkenal dengan Ashuranya atau karya seni pahat yang juga merupakan harta karun Nasional Jepang.
Kuil Budha tersebut konon memiliki hubungan yang erat dengan Klan Fujiwara yang pernah berkuasa pada pertengahan abad ke-7 hingga 500 tahun berikutnya. Meskipun kala itu, Ibu Kota telah dipindahkan dari Nara beralih ke Kyoto, namun Klan Fujiwara tetap bisa mempertahankan Kuil Kofuku-ji sebagai kuil pribadi keluarganya.
Namun sayang, kuil yang menjadi salah satu tempat wisata di Nara tersebut dahulu pernah hampir hancur karena terjadinya serangan dari front anti-Buddha. Keistimewaan dari Kuil yang bentuknya seperti pagoda 3 tingkat dan 5 tingkat itu dianggap sebagai simbol dari Kota Nara dan kayu serta patungnya dinobatkan sebagai karya seni yang bernilai tinggi dan disimpan di museum.

2. Kuil Yakushi-ji

Kuil Yakushi-ji Nara Jepang
Image from wikipedia.org

Tempat wisata di Nara ini merupakan sebuah Kuil yang lebih terkenal karena nilai sejarahnya. Kuil yang berada di Nishinokoyo itu dibangun oleh Kaisar Jinmu pada tahun 680 silam.
Kuil tersebut dibangun saat istri dari Kaisar tersebut jatuh sakit, dan berharap dengan kuil istrinya, Unonosarara-hime Miko atau Ratu Jito. Pada tahun 718 saat pemindahan Ibukota Kekaisaran, kuil Yakushi-ji itu direlokasi ke tempat kuil itu berada sekarang.
Kuil yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO itu memiliki sisi yang paling menarik di sisi bagian timur dan barat pagoda. Namun mulai dari Januari 2015, pagoda sebelah timur ditutup sementara hingga 2019 karena tengah direnovasi. Untuk menuju tempat wisata di Nara itu, Anda bisa menggunakan kereta JR Kintetsu Railway atau naik bus lokal.

Baca Artikel :   Bikin Ngiler! 7 Wisata Kuliner Di Sapporo Jepang Ini Akan Memanjakan Lidah Anda

3. Kuil Horyuji

Kuil Horyuji Nara Jepang
Image from Kuil wikipedia.org

Saat mengunjungi kuil yang dibangun oleh Pangeran Shotoku, orang yang mengenalkan Jepang dengan kebudayaan China, pada tahun 607 silam itu Anda akan merasa bak melewati mesin waktu dan kembali pada abad ke 7-8 SM. Pada kuil yang berada di Ikarugu, Distrik Ikoma, Nara itu terdapat bangunan kayu yang tertua di dunia.

4. Kuil Todai-ji

Kuil Todai-ji Nara Jepang
Image from wikipedia.org

Tempat wisata di Nara selanjutnya adalah Kuil Budha Todai-ji yang dibangun pada tahun 728 silam. Kuil yang dibuat untuk dipersembahkan kepada Putra Mahkota Motoi itu dahulu pernah terkena gempa, kebakaran, gempa bumi, dan perang. Meski sebagian besar kuil Todai-ji hancur, namun eksistensi atas kesakralan kuil tak turut hancur.
Meski membutuhkan waktu, kuil tersebut terus dilakukan rekonstruksi oleh para bangsawan yang berkuasa pada masanya. Kuil tersebut selalu dijaga keberadaannya karena selain sebagai Kuil yang dibanggakan oleh masyarakat Nara, Kuil Todai-ji juga menjadi kuil untuk pusat agama Buddha di Nara.
Pada salah satu tempat wisata di Nara, Anda bisa menemukan spot-spot menarik patung Buddha Vairocana (sebuah patung perunggu setinggi 15 meter). Tidak hanya itu, di area sekitar kuil, Anda bisa menyaksikan secara langsung dan berbaur bersama rusa-rusa liar yang tidak berbahaya.
Kuil dimana patung Buddha itu berada dikelilingi oleh bangunan kayu yang berbentuk persegi atau biasa disebut dengan Great Buddha Hall atau Daibuts-den. Dimana untuk mencapainya Anda harus membeli tiket seharga 300-500 yen.

5. Kuil Kasuga Taisha

Setelah mengunjungi beberapa kuil Buddha pada tempat wisata di Nara, kini Anda juga bisa berkunjung Kuil Shinto Kasuga Taisha. Kuil tersebut juga merupakan satu-satunya kuil Shinto di Nara yang paling terkenal.

Kuil Kasuga Taisha Nara Jepang
Image from Japan-Guide.com

Sama halnya seperti Kuil Tofuku-ji, Kuil Kasuga Taisha juga dahulu dialih fungsikan menjadi kuil pribadi Klan Fujiwara. Keunikan dari kuil ini yaitu pada arsitekturnya yang masih sangat kental dengan gaya tradisional Jepang kuno dan ratusan lentera yang mengitarinya.

Baca Artikel :   Taman HiburanTerbaik Jepang! yang harus didatangi

6. Nara Park

Taman luas yang berada tak jauh dari Kuil Todai-ji ini bisa Anda kunjungi untuk menyaksikan lebih dari 1.000 rusa-rusa yang berkeliaran secara langsung. Dengan pepohonannya yang rindang, taman tersebut sangat cocok untuk Anda jalan-jalan dan bersantai.

Nara Park Jepang
Image from travelwireasia.com

Selain udaranya yang sejuk, taman tersebut juga sangat kental dengan nuansa Kampung Jepang. Pada taman yang sudah ada sejak tahun 1880 lalu ini, Anda bisa berjalan-jalan megitari Museum Nasional Nara, Kuil Todai-ji, Kuil Kasuga Taisha, dan Kuil Tamukeyama untuk menikmati alam yang sangat sejuk itu.
Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Nara tersebut Anda harus membayar tiket masuk sebesar 120 yen untuk anak-anak dan 250 yen untuk orang dewasa dengan jam buka mulai dari pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Sedangkan akses menuju Nara Park Anda bisa menggunakan kereta JR Rail Pass.

7. Nara National Museum

Tempat wisata di Nara ini masih berada di lingkungan Taman Nasional Nara. Museum yang juga merupakan salah satu dari empat Museum Nasional di Jepang ini menyajikan empat galeri kepada pengunjungnya. Ada Galeri Perunggu Ritual, Aula Patung Budha Nara, dan sayap kanan-kiri museum.

Nara National Museum Jepang
Image from jpninfo.com

Adapun akses menuju tempat yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, Anda bisa menggunakan bus kota lalu turun di pemberhentian Kokuritsu Hakubutsukan.

8. Isuen Garden

Bagian depan dari tempat wisata di Nara ini pertama kali dibangun pada abad ke-17 dan bagian belakang yang baru dikembangkan pada tahun 1899. Taman Isuen ini banyak menarik perhatian para wisatawan karena berlatar belakang pemandangan yang indah, yakni pegunungan Wakakusayama.

Isuen Garden Nara
Image from matcha-jp.com

Tidak hanya itu, taman yang berada di dekat sungai Yoshikigawa membuat nuansa alam semakin kental dengan suara gemericik air. Selain itu, taman ini bisa menjadi pilihan kunjungan Anda karena berada dekat dengan tempat wisata di sekitar Taman Nara lainnya.

9. Naramachi

Tidak hanya alamnya yang indah dan kuilnya yang sangat khas dengan unsur tradisional Jepang, tapi juga pada bangunan lain. Tempat wisata di Nara itu merupakan sebuah kawasan yang berisi pertokoan dan perumahan tradisional yang menjadi ciri khas dari Naramachi.

Baca Artikel :   "Okayama" Destinasi Menarik Bagi Pecinta Fotografi
Naramachi Nara Jepang
Image from flickr.com

Pada Naramachi, Anda bisa berjalan-jalan menikmati pusat perbelanjaan di sepanjang pedestrian. Selain wisata kulinernya yang khas Jepang, Anda juga memilih bermalam di Naramachi dengan banyaknya tersedia penginapan yang sangat unik untuk merasakan nuansa khas Naramachi yang bertambah ramai pada malam hari.
Bahkan dari situ Anda bisa mengakses tempat wisata lain yang letaknya berdekatan dengan Naramachi.
Nara bisa menjadi pilihan liburan Anda dengan paket lengkap, karena pada tempat wisata di Nara Anda bisa menikmati banyak destinasi wisata sekaligus, seperti pemandangan alam yang indah, taman, beraneka raman kuil dan wisata kuliner khas Jepang.

 

Untuk Tour Nara bisa Konsultasi dengan Team TourJepang.co.id 

FOLLOW Instagram kami di @tourjepang untuk Testimoni Customer, Promo Tiket dan Promo Paket, dan Aktifitas di Jepang.

Jika anda mempunyai Tiket dan ingin melakukan perjalanan di Nara Route klik 

Private Tour ke Jepang

 

 

Related Post

Leave a Reply

%d bloggers like this: