Rangkaian Acara Pada Musim Gugur di Jepang dan Festival Momiji Kawaguchiko

Festival Momiji Kawaguchiko

Rangkaian Acara Pada Musim Gugur di Jepang dan Festival Momiji Kawaguchiko

Jepang, negara dengan 4 musim itu selain terkenal dengan budaya dan alamnya yang indah juga terkenal dengan serentetan acara yang digelar pada setiap musimnya. Mulai dari festival musim panas, musim dingin, hingga musim gugur atau lebih dikenal dengan sebutan festival momiji.

Dari sekian banyak tempat wisata yang menggelar festival momiji, salah satunya yang menarik adalah Festival Momiji Kawaguchiko. Dimana festival tersebut dilaksanakan di tepi Danau Kawaguchiko. Danau Kawaguchi atau Kawaguchiko tersebut merupakan salah satu danau tercantik yang mengelilingi Gunung Fuji, gunung tertinggi di jepang dengan ketinggian 3.776 mdpl.

Rangkaian Acara Pada Musim Gugur di Jepang dan Festival Momiji Kawaguchiko
Image from Google

Danau yang berada di Prefektur Yamanashi itu tidak hanya menunjukkan keindahan Gunung Fuji, tapi airnya bak laut biru itu membuat pengunjungnya merasa lebih tenang. Nuansa alamnya juga sangat indah dengan pepohonan yang daunnya berwarna coklat orange serta bunga khas Jepang, bunga sakura.

Selain terkenal dengan Festival Momiji Kawaguchiko, kawasan Danau Kawaguchi tersebut banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena destinasi-destinasi wisata menarik lainnya yang berada disekitarnya.

Saat mengunjungi Danau Kawaguchiko, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, karena danau ini lokasinya paling mudah dicapai daripada danau lainnya di kaki Gunung Fuji. Saat mengunjungi Danau tersebut Anda juga akan melewati taman Oishi, Museum Kotak Musik, Museum Monyet, tempat spa, dan masih banyak lagi.

Video Autumn di Kawaguchiko Lake oleh Team TourJepang.co.id

 

Tidak hanya itu, danau tersebut juga akan menyuguhkan beragam pertunjukkan dan acara pada musim gugur. Selain menggelar Festival Momiji Kawaguchiko, berbagai acara lain pada musim gugur yang ramai di Jepang, yaitu sebagai berikut:

  • Festival Api

Memasuki musim gugur, Jepang biasanya akan menggelar festival api yang meriah. Pada festival tersebut para penduduk atau peserta festival akan membawa kayu pinus dengan panjang 10 meter dan berat 3 ton lebih. Kemudian pada pukul 8 malam festival akan dimulai dan kayu akan dibakar. Festival itu digelar untuk menghormati arwah para leluhur yang telah gugur di medan perang.

Festival Api di Kawaguchiko
Image from Google
  • Festival di Universitas

Tak hanya di tempat-tempat wisata, musim gugur yang juga merupakan hari libur nasional itu juga dimanfaatkan oleh banyak Universitas untuk turut menggelar festival di Universitasnya masing-masing. Dalam Festival di Universitas, siapapun boleh menghadiri dan menyaksikan pertunjukkan dari para mahasiswa.

  • Daun Musim Gugur (Momiji)
Baca Artikel :   Jangan Lewatkan Serunya Berkunjung ke Tempat Wisata di Toyama! Inilah Ulasannya

Selanjut yang tak kalah menarik adalah Festival Momiji. Ada banyak tempat yang menggelar festival tersebut, seperti festival momiji di Kyoto, festival momiji di Osaka, Festival Momiji Kawaguchiko, dan masih banyak lagi. Pada festival ini Anda akan menyaksikan dedaunan yang berubah warna atau biasa disebut “Kouyou” dan gemerlap cahaya lampu yang diatur sedemikian rupa pada malam hari.

Festival Momiji di Kawaguchiko
Image from zekkeijapan.com

 

  • Halloween

Tak hanya di negara-negara barat saja, Jepang juga merayakannya pada saat musim gugur dengan beragam parade dan kostum-kostum hantu seram. Beberapa daerah yang melakukan festival Halloween yaitu Roppongi, Shibuya, Tokyo Disneyland dan lain-lain.

Selain turut merayakan Festival Momiji Kawaguchiko, saat berada di kawasan Danau Kawaguchiko Anda juga bisa menikmati berbagai festival yang berbeda di setiap musimnya. Nah, berikut beberapa festival yang kerap digelar di Danau Kawaguchiko:

  1. Festival Kembang Api Musim Dingin

Tidak hanya musim panas, Kawaguchiko juga merayakan Hanabi Festival pada musim dingin. Festival kembang api tersebut biasanya diadakan pada bulan Januari hingga bulan Februari. Adapun tempat dari perayaan festival kembang api yang diluncurkan selama kurang lebih 20 menit tersebut biasanya bertempat di Taman Oike dan Taman Yagizaki Danau Kawaguchiko.

Festival Kembang Api Musim Dingin Kawaguchiko
Image from Google

Festival pada musim dingin tersebut sebenarnya juga tak kalah indah dari Festival Momiji Kawaguchiko atau festival-festival lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mengunjunginya, Anda bisa menggunakan Retro Bus atau berjalan kaki dari Stasiun Danau Kawaguchiko.

Kemudian bagi yang tidak ingin bermalam di Kawaguchiko, Anda bisa kembali dengan kereta dari Stasiun Kawaguchiko maksimal hingga pukul 21.19.

  1. Fuji Kawaguchiko Herb Festival

Tidak hanya festival kembang api dan Festival Momiji Kawaguchiko yang ditunggu-tunggu, Fuji Kawaguchiko Herb Festival juga akan memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Fuji Kawaguchiko Herb Festival
Image from thefuji.exblog.jp

Pada festival yang digelar pada bulan Juni hingga bulan Juli ini Anda akan disuguhkan dengan keindahan bunga-bunga yang sedang bermekaran pada musim panas. Keindahan bunga lavender berwarna ungu tersebut bisa Anda nikmati di Yagizaki Park, sebelah selatan Danau Kawaguchiko dan Oishi Park, sebelah utara Danau Kawaguchiko

  1. Festival Kembang Api Musim Panas
Baca Artikel :   Berencana Liburan Ke Hokkaido Jepang Di Musim Panas? 7 Tempat Wisata Musim Panas di Hokkaido Ini Patut Anda Coba

Sebelum menikmati Festival Momiji Kawaguchiko pada musim gugur, Anda bisa ikut merayakan Festival Kembang Api Musim Panas terlebih dahulu pada musim panas. Festival yang kerap dilaksanakan pada bulan Agustus itu disebut juga sebagai Hanabi Festival.

Festival Kembang Api Musim Panas
Image from en.tokyonarita.jp

Tidak seperti festival kembang api pada musim sebelumnya, Hanabi Festival Kawaguchiko tersebut mampu meluncurkan kembang api dalam skala yang besar dengan suaranya yang berdentuman di seluruh penjuru Kawaguchiko dan keindahannya di langit Danau Kawaguchiko.

Bahkan pada tahun 2016 lalu yang merupakan perayaan festival ke-100, Kawaguchiko menggelar Hanabi Festival yang sangat meriah, yakni peluncuran kembang api sebanyak 9.000 buah yang menghiasi langit Danau Kawaguchiko dalam waktu 2×90 menit dan berlangsung selama 2 hari. Festival tersebut pun sukses memukau perhatian penontonnya dengan suguhan musik dan perpaduan cahaya.

  1. Festival Momiji Kawaguchiko

Selain pesona bunga sakura yang bermekaran, Festival Momoji Kawaguchiko atau daun musim gugur menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan. Festival di Kawaguchiko pada musim gugur tersebut biasanya dilaksanakan pada bulan November. Pada musim gugur, Anda juga bisa menyaksikan keindahan dari daun maple di Momiji Kairo yang berubah warna menjadi merah.

Festival Momiji Kawaguchiko
Image from pixpot.net

Momiji Kairo atau lorong momiji tersebut merupakan sebuah tempat yang paling indah untuk menikmati daun-daun maple yang tepatnya berada di sebelah utara Danau Kawaguchiko.

Selain keindahan daun maple, pada malam harinya Anda akan disuguhkan dengan Light Up Momiji mulai pukul 16.00 hingga 22.00 waktu setempat. Adapun akses menuju tempat festival Anda bisa menaiki Retro Bus dari Danau Kawaguchiko.

Nah, bagi Anda yang memilih liburan ke Jepang untuk menikmati Festival Momoji Kawaguchiko ala backpacker, Anda bisa menggunakan transportasi publik berikut ini:

  • Dengan Kereta

Dari Stasiun Shinjuku, Anda bisa mengambil kereta ekspress dengan tujuan Kofu, kemudian turun di Stasiun Otsuki. Selanjutnya disambung lagi dengan kereta Fuji Ekspress sampai pada pemberhentian Stasiun Kawaguchiko.

Dengan waktu tempuh 2 jam 10 menit, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 3.400 Yen atau jika punya Anda bisa menggunakan JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass untuk seluruh ongkos kereta.

  • Dengan Bus
Baca Artikel :   Yuk Kunjungi 6 Tempat Wisata Jepang di Kanazawa Jepang yang Bikin Ketagihan!

Selain kereta, Anda juga bisa menggunakan Bus Ekspress dari terminal di Stasiun Shinjuku. Setelah itu, untuk mengantar menuju Danau Kawaguchiko Anda bisa menggunakan bus lokal dengan rute mengitari sebelah timur laut danau serta bagian selatan danau dengan rute Saiko-Aokigahara. Adapun untuk ongkos busnya berkisar antara 1.750 hingga 2.700 Yen dengan waktu tempuh 2 jam.

Mau liburan mewah atau ala backpacker? Bisa kok, karena Jepang menyediakan berbagai sarana dan transportasi publik yang akan membawa Anda menuju Danau Kawaguchiko untuk menikmati Festival Momoji Kawaguchiko pada musim gugur.

 

Untuk Tour Kawaguchiko bisa Konsultasi dengan Team TourJepang.co.id 

FOLLOW Instagram kami di @tourjepang untuk Testimoni Customer, Promo Tiket dan Promo Paket, dan Aktifitas di Jepang.

Jika anda mempunyai Tiket dan ingin melakukan perjalanan di Kawaguchiko klik 

Paket Wisata Tour Jepang ke Gunung Fuji 1 Hari dengan Driver Berbahasa Indonesia

 

Related Post

Leave a Reply

%d bloggers like this: