Tempat Wisata di Nagasaki yang Dahulu Luluh Lantah Oleh Bom, Kini Mekar Kembali

Nagasaki Jepang

Tempat Wisata di Nagasaki yang Dahulu Luluh Lantah Oleh Bom, Kini Mekar Kembali

Mendengar kata Nagasaki dari negara sakura tersebut mungkin sudah tidak asing lagi, bahkan namanya juga sering di dengar sejak masih duduk di Sekolah Dasar. Ya, kota yang dahulu pernah menjadi korban ledakkan bom atom kala Perang Dunia II terjadi memang sudah hancur lebur. Namun kini, seiring berjalan waktu, kota tersebut bangkit menjadi lebih cantik.

Kota Nagasaki Jepang
Image from japanrailpass.com.au

Kota yang berada di sebelah barat daya pesisir Kyushu itu memiliki luas hingga  406,35 km2. Tak hanya terkenal akan nilai sejarahnya saja, tapi kota yang pernah menjadi pusat pengaruh Eropa tersebut juga memiliki destinasi wisata yang menakjubkan.

Berikut beberapa tempat wisata di Nagasaki yang wajib untuk dikunjungi:

  1. Museum Perang Dunia II, Nagasaki Atomic Bomb

Museum yang berada di Hirano-machi, Nagasaki tersebut merupakan sebuah museum yang dibangun untuk mengenang peristiwa pengeboman atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat di Kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945 lalu.

Nagasaki Atomic Bomb Museum
Image from Google

Saat memasuki salah satu tempat wisata di Nagasaki tersebut, Anda benar-benar akan dibawa untuk merasakan peristiwa bom yang mendarat di Nagasaki kala itu. Pada sebuah ruangan di depan, Anda akan disambut dengan ruangan yang menampilkan sebuah jam tepat pada pukul 11.02 (saat dimana bom diledakkan), serta tulisan jumlah korban yang tewas karena bom atom.

Setelah ruangan itu, Anda akan digiring pada sebuah ruangan yang berisi foto-foto kondisi Nagasaki pasca ledakan. Di ruangan itu juga tersimpan replika tembok dari Gereja Katedral Urukami yang terbakar dahsyat oleh api dari ledakan tersebut.

Tidak hanya itu, di salah satu tempat wisata di Nagasaki tersebut Anda akan menyaksikan barang-barang sisa ledakan, seperti pakaian yang terbakar, lelehan botol kaca, helm pelindung dengan kepala yang terbakar, hingga potongan dari tulang tangan manusia, serta masih banyak lagi.

  1. Kastil Hirado

Tempat wisata di Nagasaki berikutnya yaitu Kastil Hirado, sebuah kastil yang dibangun oleh daimyo Matsuura Takashi pada tahun 1707 silam. Yang menarik dari kastil ini yakni pada lokasinya yang berada di atas bukit bulat. Kastil ini juga dipercaya memiliki struktur yang dipengaruhi oleh Yamaga-ryu, seorang guru ternama sebuah sekolah strategi perang.

Baca Artikel :   Banyaknya Makanan Khas Jepang Membuat Anda Bingung?  Ini Dia Rekomendasi Wisata Kuliner di Kyoto Jepang
Hirado Castle Nagasaki Jepang
Image from matcha-jp.com

Benteng dari kastil Hirado yang pernah rusak pada abad ke-18 tersebut, dipugar kembali pada tahun 1962 dengan 5 tingkat menara yang megah.

Untuk menuju kastil Hirado, Anda bisa menggunakan bus Matsuura Railway Tabira dari stasiun Hiratoguchi. Sedangkan untuk ke kastil tersebut, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 500 yen.

  1. Huis Ten Bosch

Tempat wisata di Nagasaki lainnya yakni taman bermain Huis Ten Bosch. Taman yang tak jauh dari Kota Nagasaki itu tepatnya berada di Sasebo, Prefektur Nagasaki.

Huis Ten Bosch Nagasaki Jepang 2
Image from Google

Tempat ini juga sangat cocok untuk liburan Anda pribadi atau bersama dengan keluarga. Karena selain taman, Anda bisa mencoba beberapa permainan yang tersedia, hamparan taman bunga mawar, bangunan yang bergaya Eropa, serta tour menyusuri kanal layaknya di Belanda.

  1. Gunkanjima

Tak hanya tempat yang ramai akan kepadatan penduduknya, tempat wisata di Nagasaki yang satu ini terkesan lebih menarik karena berada pada sebuah pulau yang tak berpenghuni.

Gunkanjima Nagasaki Jepang
Image from Wikipedia

Gunkanjima yang berada di lepas pantai Nagasaki ini sebenarnya merupakan sebuah pulau bekas pertambangan batubara yang sudah ditinggalkan dan kini sudah tidak berpenghuni.

Saat memasuki Gunkanjima Anda akan menyaksikan bangunan-bangunan yang megah yang dahulu adalah rumah para pekerja, dan yang tak kalah menarik adalah lubang-lubang bekas pertambangan tersebut. Untuk menuju Gunkanjima, Anda membutuhkan 3 jam perjalanan dengan menggunakan kapal dari dermaga Nagasaki dengan biaya tour sebesar 4.000 yen setiap orang.

  1. Shimabara Castle

Kastil Shimabara tersebut bisa menjadi tujuan tempat wisata di Nagasaki berikutnya. Kastil yang dibangun oleh Matsukura Shigemasa itu memiliki menara dengan 5 tingkat yang berdiri di atas tanah lapang dengan ukuran 280 m x 1.320 m.

Shimabara Castle
Image from vivalifestyleandtravel.com

Pendiri kastil tersebut dahulu dikenal karena menindas umat Kristen di sekitarnya. Lalu akhirnya terjadi pemberontakan pada tahun 1637 hingga 1638, dan sekitar 37.000 umat kristen gugur dalam pemberontakan.

Setelah pemberontakan, pada tahun 1963, struktur dari kastil tersebut dibangun kembali dengan perubahan dindingnya berwarna putih dan menara utamanya di atas dinding batu.

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjunginya, Anda bisa menggunakan Shimabara Railway dari Stasiun Shimabara dan dengan tiket masuk 520 yen.

  1. Tojin Yashiki

Sebuah rumah megah khas Jepang itu juga bisa menjadi referensi tempat wisata di Nagasaki berikutnya. Rumah megah Tojin Yashiki tersebut awalnya dibangun pada masa pertengahan untuk orang-orang Tionghoa yang singgah ke Nagasaki. Pada saat itu, karena perdagangan dan penyelundupan yang kian meningkat, pemerintah pun membatasi pembangunan rumah-rumah untuk orang-orang Tionghoa.

Baca Artikel :   Yuk Kunjungi 6 Tempat Wisata Jepang di Kanazawa Jepang yang Bikin Ketagihan!
Tojin Yashiki Nagasaki Jepang
Image from kosublog.com

Dulu terdapat 2.000 Tojin Yashiki, namun kini hanya tersisa beberapa bagian saja dan ditandai dengan tugu batu. Di rumah tersebut Anda tidak hanya menikmati nuansa kemegahan, tetapi juga peninggalan benda-benda pada zaman Meiji yang sudah diperbaharui.

  1. Nagasaki Peace Park

Tempat wisata di Nagasaki lainnya yang tak kalah bersejarah dari Museum Bom Atom Nagasaki adalah Nagasaki Peace park atau Taman Perdamaian Nagasaki. Tujuan dari dibangunnya taman tersebut sebenarnya tak jauh beda dari Museum Bom Atom, yakni untuk mengenang para korban yang berjatuhan pada peristiwa bom atom yang diluncurkan oleh AS di Nagasaki.

Nagasaki Peace Park Nagasaki Jepang
Image from wabisabisole.com

Pada bagian tengah taman, terdapat sebuah tugu yang menjadi simbol atau tanda dari ledakan bom atom dengan tertulis nama-nama korban yang sudah meninggal. Dimana saat ledakan yang berpusat di distrik Urakami menewaskan 73.884 orang dan 74.909 lainnya luka-luka. Saking banyaknya korban dan tidak bisa dikenali lagi, maka hampir semua korban dimakamkan secara massal.

Pada taman yang nuansanya sangat tenang itu, Anda bisa berkeliling secara bebas untuk menikmati taman dengan pepohonan serta kebun bunga yang warna warni.

  1. Gunung Inasa

Tidak hanya wisata disiang hari, pada malam hari pun ternyata Anda bisa tetap menikmati keindahan Kota Nagasaki dan tempat wisata di Nagasaki lainnya melalui Gunung Inasa. Bahkan gunung tersebut merupakan salah satu dari 3 gunung dengan pemandangan malamnya yang terbaik.

Gunung Inasa Nagasaki Jepang 2
Image from id.japantravel.com

Bagi Anda yang tidak terbiasa naik gunung, jangan khawatir karena disana tersedia juga kereta gantung yang akan membawa Anda ke puncak gunung hanya dalam waktu 15 menit.

  1. Glover Garden

Selain keindahan taman dari salah satu tempat wisata di Nagasaki itu adalah lokasi berdiri taman tersebut. Glover Garden merupakan sebuah taman yang berada di pusat kediaman para pedagang ternama di akhir zaman Edo, yakni Frederick Ringer, Thomas Blake Glover, dan William John Alt. Keunikan dari rumah yang diberi nama Ringer House, Glover House, dan Alt House itu ialah banyak terdapat koleksi sejarah.

Baca Artikel :   Berencana Liburan Ke Hokkaido Jepang Di Musim Panas? 7 Tempat Wisata Musim Panas di Hokkaido Ini Patut Anda Coba
Glover Garden Nagasaki Jepang
Image from japanhoppers.com

Selain ketiga rumah itu, wisatawan yang mengunjungi taman tersebut juga akan disuguhkan oleh bangunan sekitar yang bergaya Eropa, jalan berbatu, serta air mancur. Untuk menuju taman tersebut Anda bisa menggunakan kereta listrik dan mobil atau bus lokal.

  1. Festival Kunchi Nagasaki

Yang jarang ditemui dari tempat wisata di Nagasaki adalah Festival Kunchi Nagasaki, karena festival tersebut biasanya digelar pada awal musim gugur. Bagi Anda yang mengikuti festival tersebut, Anda juga bisa ikut berjalan-jalan dengan pakaian tradisional Jepang sembari menikmati berbagai pertunjukan kesenian khas Jepang.

Festival Kunchi Nagasaki Jepang
Image from redduckpost.com

Bagi Nagasaki, bom atom bukanlah alasan untuk terus terpuruk, terbukti dengan semakin banyaknya pembangunan dan tempat wisata di Nagasaki yang tak kalah menarik perhatian dari peristiwa naas itu. Kini, tunggu apalagi? Daripada hanya mendengar kisah Nagasaki lewat buku-buku sejarah, yuk, rencanakan liburan Anda dengan paket liburan ke Jepang bersama tourjepang.co.id

Untuk Tour Nagasaki bisa Konsultasi dengan Team TourJepang.co.id 

FOLLOW Instagram kami di @tourjepang untuk Testimoni Customer, Promo Tiket dan Promo Paket, dan Aktifitas di Jepang.

Jika anda mempunyai Tiket dan ingin melakukan perjalanan di Nagasaki klik 

Private Tour ke Jepang

 

 

Related Post

Leave a Reply

%d bloggers like this: