counter hit make

12 Makanan yang Harus dicoba Saat Musim Panas di Jepang

12 Makanan yang Harus dicoba Saat Musim Panas di Jepang

Biasanya saat cuaca panas kita jadi malas mencari makan, apalagi makanan yang panas. Memang saat suhu membuat keringat kita mengalir deras paling enak menyantap makanan yang dingin, segar, dan bisa mengembalikan cairan tubuh kita. Jepang punya segudang pilihan makanan yang menyejukkan di musim panas. Dengan cita rasa yang ringan, produk segar dan dingin, yuk, coba nikmati rekomendasi makanan yang hanya ada di musim ini.

Kakigori

Kakigori!
copyright: Ali M

Manis dan dingin, kakigori alias es serut khas Jepang adalah makanan yang jadi primadona di musim panas. Terbuat dari es serut yang dikombinasikan dengan berbagai macam sirup, kental manis, dan buah membuat kakigori ampuh untuk melawan cuaca panas. Kakigori disajikan dengan dua gaya, yaitu ala café dengan berbagai macam topping dan pasta kacang merah, atau ala festival dengan berbagai macam sirup rasa buah yang segar.

Rei shabu

Reishabu salad!!!
copyright: goatgucchi

 

Jika shabu-shabu atau hotpot dinikmati panas-panas, berbeda dengan rei-shabu. Saat memakan rei-shabu, setelah daging matang di dalam hotpot, kemudian kita celupkan ke air dingin dan dinikmati dengan salad dingin. Rei-shabu adalah menu yang pas untuk mencicipi sayuran-sayuran segar seperti tomat dan timun yang melimpah saat musim panas. Kamu bisa memesan rei-shabu di semua restoran shabu-shabu saat musim panas, lho.

Ayu

Ayu,River fish??
copyright: Nozomi

Ayu bukan nama anak gadis, lho, tapi ayu adalah nama ikan air tawar yang bisa ditemukan di sungai-sungai Jepang. Ayu biasanya dibakar dengan bumbu garam dan dijual di stand makanan saat ada festival. Meski pun sederhana tapi rasanya sangat enak, lho. Kulit ikan ini saat dibakar mengeluarkan rasa manis mirip melon dan sangat menyegarkan. Selain dengan bumbu garam, kamu bisa menikmatinya dengan cara digoreng seperti tempura dan bahkan ada yang menjual ayu dengan es krim.

Hiyashi Chuka

Hiyashi Chuka
copyright : hiyashi chuka

Makanan ini sebenarnya adalah mie ramen dingin yang ditata seperti gunung dan dikelilingi topping seperti sayuran segar. Meski terdengar sederhana tapi rasanya sangat segar, cocok dinikmati di siang yang panas. Untuk menambah cita rasa kita bisa menambahkan saus kecap atau saus wijen. Tidak sulit untuk menemukan hiyashi chuka, kamu bahkan bisa membelinya di swalayan, lho.

Mizu Youkan

Mizu-yokan.
copyright : Kenji Uchiyama

Mencari dessert? Coba deh, Mizu Youkan. Youkan adalah dessert khas Jepang yang berbentuk seperti jelly dan terbuat dari pasta kacang merah, gula, dan agar-agar. Saat musim panas, mizu youkan yang bertekstur lebih lembut dan segar apalagi dinikmati dingin-dingin, pasti akan membuat rasa panas hilang. Lebih mantab lagi menikmati mizu youkan dengan segelas teh matcha di taman yang rindang. Pastinya sangat menyenangkan.

Yakitori

Yakitori
copyright: Hajime Nakano

Yakitori alias satenya orang Jepang ini terkenal sepanjang tahun, tapi paling populer saat musim panas, lho. Ketika berkunjung ke festival musim panas kamu akan dengan mudah menemukan stand yang menjual yakitori. Daging yang biasa digunakan adalah daging ayam, sapi, atau babi, dibakar dengan sayuran lain dan bumbu rahasia, pastinya akan sangat enak.

Nagashi Somen

Saitama, Nagashi Somen
Copyright: Charles Chauvet

 

Nagashi Shomen adalah menu makanan yang paling unik penyajiannya. Tidak dihidangkan dengan piring, kita harus ‘menangkap’ mie putih yang diluncurkan di seluncur bambu dengan sumpit. Setelah mendapatkan mie, kita bisa mencelupkannya ke sup dari saus kecap asin yang sudah didinginkan. Rasanya dingin, dingin, segar. Setelah makan satu porsi, bersiaplah lagi untuk menangkap mie selanjutnya. Menikmati nagashi shomen tentu paling enak bersama keluarga dan teman-teman, ya supaya makin asyik makannya.

Goya

Goya champuru (Bitter gourd and Pork Stir-fry)
copyright: Kakei.R

Ternyata di Jepang juga ada pare, lho. Pare menjadi makanan khas musim panas dan ternyata banyak yang menyukai cita rasa pahitnya. Disebut goya dalam bahasa Jepang, olahan paling terkenal adalah goya-champuru. Terbuat dari campuran tahu, kecambah, telur,daging, dan pare, makanan ini populer saat musim panas. Orang Jepang percaya goya-champuru tinggi nutrisi dan mengandung anti-aging sehingga baik untuk kesehatan kulit saat musim panas.

Semangka

watermelon
copyright: YUICHI

 

Jangan kecewa dulu karena kamu harus tahu semangka di Jepang itu sangat istimewa. Orang Jepang biasa merendam semangka utuh di air dingin untuk membuatnya lebih segar. Selain itu ada cara khusus menikmati semangka yaitu dengan menaburkan sedikit garam sebelum memakannya. Ternyata garam berguna agar rasa manis semangka bertambah dua kali lipat. Menikmati semangka dingin dan manis di hari yang panas, bayangkan betapa segarnya.

Selain dimakan dengan cara biasa, kamu bisa bermain permainan suika-wari untuk memakannya, loh. Mirip seperti permainan pinata, tapi yang harus dipecahkan dengan mata tertutup adalah semangka. Permainan ini sangat menyenangkan apalagi setelah itu kita bisa makan semangka bersama-sama.

Morioka reimen

Morioka-reimen-1
copyright: Luis Rodriguez

Morioka reimen adalah mie ramen dingin dari Perfektur Iwate tapi dengan tambahan bumbu spesial. Menggunakan kaldu sapi dan diberi toping wortel, timun, tomat, kimchi, dan buah-buahan seperti melon dan semangka tentu menjadi kombinasi yang tidak biasa. Karena teksturnya lebih ringan dan bebas minya, morioka reimen dinilai lebih sehat daripada ramen pada biasanya. Makanan yang berasal dari Korea ini bisa kamu beli di restoran Korea di Ginza, lho.

Hiyayakko

Hiyayakko tofu
copyright: Stash41NYC

Hiyayakko adalah menu makanan dari tahu dengan rasa yang simpel dan menyegarkan. Juga dikenal sebagai yakko-dofu, makanan ini menjadi favorit di rumah-rumah makan izayakaya. Cocok untuk meringankan tenggorokan setelah makan banyak gorengan. Biasanya hiyayakko disajikan dengan topping daun bawang, katsuoboshi, dan jahe parut dengan sedikit siraman saus kecap asin. Dan karena ini menu vegetarian, pastinya halal, kok.

Combini Freezer

Minimart, i'm in love
copyright: p(^0^)q

 

Jika kamu sudah tidak tahan dengan panasnya udara di Jepang, kamu bisa langsung mencari swalayan terdekat dan melihat-lihat isi freezernya. Banyak minimarket tersebar di sudut-sudut kota di Jepang dan berbagai macam barang bisa kamu temui. Mulai dari makanan sampai beras, semua ada. Saat musim panas, tentu makan es krim pasti sangat menyegarkan. Di minimarket kamu bisa menemukan berbagai macam jenis es krim mulai dari haagen dasz rasa tomat sampai popsicle soda. Kamu akan berasa nostalgia dengan berbagai macam pilihan rasa es krim ini. Sederhana tapi menggugah selera.

Itulah rekomendasi makanan musim panas di Jepang yang wajib kamu coba saat di Jepang versi kami. Mana yang paling menarik untuk dicicipi?

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: