counter hit make

10 Hal Unik tentang Mesin Penjual Otomatis di Jepang

10 Hal Unik tentang Mesin Penjual Otomatis di Jepang

Saat datang ke Jepang kamu akan menyadari ada banyak mesin penjual otomatis di mana-mana! Di setiap sudut bangunan, jalan, kota, kamu pasti akan melihat sebuah lemari besi warna warni dengan jendela kaca penuh minuman di dalamnya. Beberapa mesin penjual otomatis terunik dan terinovatif dibuat di Jepang, tapi tidak jarang yang paling aneh pun ada. Meski begitu mesin penjual otomatis bisa jadi penyelamat dan sahabatmu saat traveling ke Jepang. Yuk, cari tahu hal-hal unik tentang mesin penjual otomatis yang mungkin tidak kamu tahu.

 

Jumlah yang Luar Biasa

vending machine 7
copyright: safety yokko

Menurut Perusahaan Coca Cola, jumlah mesin penjual otomatis di Jepang hampir menyentuh angka 4 juta unit! Sedangkan menurut Japan National Tourism Board mengatakan ada sekitar 5 juta unit mesin penjual otomatis dari berbagai merk. Meski Negara dengan jumlah mesin penjual otomatis terbanyak adalah Amerika Serikat, karena Jepang lebih sempit daripada Amerika, jumlah mesin penjual otomatis sangat luar biasa banyaknya.

 

Spesialis Pelepas Dahaga

Old Vending Machine
copyright: Kaz Empson

Kamu akan sangat mudah menemukan mesin penjual otomatis yang menjual minuman. Itu karena mesin jenis inilah yang paling banyak ada di Jepang. Sebaliknya, mesin penjual otomatis yang menjual makanan ringan sangat jarang ditemui. Tidak hanya minuman dingin seperti pada umumnya, di Jepang juga ada mesin penjual otomatis minuman panas lengkap dengan servis gelas kertas dan pengatur jumlah gula. Sangat canggih, bukan?

Smoking Section

vending machine 4
copyright : Safety Yokko

Di jalanan kamu bisa menemukan mesin penjual rokok sama seperti di minimarket, lho. Tapi tidak sembarang orang bisa membeli rokok dari mesin penjual otomatis. Untuk bisa membeli rokok lewat mesin penjual otomatis kamu harus memiliki sebuah tanda pengenal yang disebut Taspo dan kamu harus berumur minimal 20 tahun untuk bisa memilikinya. Tanpa tanda pengenal itu, mesin penjual otomatis tidak akan meresponmu. Wah, kira-kira Indonesia bisa menerapkan sistem seperti ini juga tidak, ya?

Pasar Otomatis

Fruit Vending Machine
copyright: chekro15

 

Kemajuan teknologi mesin penjual otomatis ternyata juga dimanfaatkan oleh para petani di Jepang, lho! Selain dijual di pasar, mereka menjual hasil taninya lewat mesin penjual otomatis. Mesin penjual otomatis yang menjual sayuran, telur,dan buah-buahan segar bisa kamu temui di pedesaan. Hebat, ya.

Toko Sake

Liquor Shop Vending Machine
copyright: Aram Kurdushian

Beberapa mesin penjual otomatis juga menjual minuman beralkohol. Mulai dari beer kaleng hingga botol sake. Sama seperti mesin penjual rokok, tanda pengenal khusus juga diperlukan untuk membeli minuman beralkohol dari mesin penjual otomatis. Mesin-mesin seperti ini biasanya ada di tempat di mana tidak ada minimarket di sekitarnya.

Etika Menggunakan Mesin Penjual Otomatis

?????????????
copyright: Kazu Saito

Semua mesin penjual otomatis kini dilengkapi dengan tempat sampah yang menyatu dengan badan mesin. Hal ini bukan hanya karena para perusahaan penyedia mesin penjual otomatis ingin menyelamatkan lingkungan tapi juga karena kebiasaan orang Jepang. Biasanya orang Jepang akan langsung menghabiskan minuman yang mereka beli di depan mesin penjual otomatis daripada minum sambil berjalan. Kebiasaan ini muncul karena biasanya kamu tidak boleh minum di dalam kereta, karena itu banyak yang menghabiskan minumannya di luar.

Variasi Barang yang Dijual

Typhoon proof umbrella vending machine
copyright: Sally Harris

Kalau kamu kira yang dijual hanya makanan dan minuman, kamu salah besar. Asal kamu tahu mesin penjual otomatis di Jepang juga menyediakan barang-barang lain mulai dari baterai, buku, payung, sampai pakaian dan beras!! Mesin penjual otomatis semacam ini sangat langka jadi pastikan kamu mencoba menggunakan mesin ini jika menemukannya.

Menjaga Privasi

Demi kenyamanan pelanggan,beberapa mesin penjual otomatis juga menjual barang-barang yang dirasa agak memalukan jika kita harus membelinya di minimarket. Contohnya seperti pembalut wanita, popok, pakaian dalam, dan lain sebagainya. Mesin penjual otomatis ini pasti sangat berguna dalam keadaan darurat.

Bala Bantuan Saat Bencana

good to know! 20151107 035
copyright: Grumpy Cupcakes

Ribuan mesin penjual otomatis diprogram untuk tetap bisa bekerja saat keadaan darurat, seperti saat terjadi gempa bumi dan tsunami. Mesin penjual otomatis dilengkapi dengan baterai cadangan atau generator agar mereka tetap bisa bekerja meski terjadi pemadaman listrik. Jadi para korban bencana bisa bertahan hidup sambil menunggu bala bantuan datang.

Teknologi Masa Depan

Touch Vending Machine 1
copyright: Eric Rothwell

Canggih-canggih, ya, mesin penjual otomatis di Jepang. Tapi ternyata mesin penjual otomatis masih terus berkembang dengan fitur hi-tech yang pasti sangat memukai. JR East Water Business menciptakan sebuah mesin penjual otomatis yang sangaat canggih, mereka menggunakan software pengenal wajah dan layar touchscreen, lho. Dengan software pengenalan wajah, mesin penjual otomatis bisa merekomendasikan minuman berdasar umur dan jenis kelamin. Saat tidak digunakan, layar mesin akan mengiklankan produk sesuai musim. Wow banget!

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: