Cara Terbaik Menikmati Festival Musim Panas Matsuri

Cara Terbaik Menikmati Festival Musim Panas Matsuri

Musim panas di Jepang adalah musimnya festival. Dari Juli hingga Agustus akan ada banyak festival untuk merayakan musim panas dan peristiwa bersejarah. Yuk cari tahu apa saja yang bisa kita lakukan di festival nanti.

Seperti Apa, Sih Festival Musim Panas di Jepang itu?

matsuri street
copyright: Masatoshi Hashiya

 

Festival Musim Panas, dikenal juga dengan nama matsuri, diadakan di seluruh Jepang mulai dari Juli hingga Agustus selama musim panas. Kebanyakan matsuri adalah festival tahunan yang menjadi tradisi selama ratusan tahun, lho. Matsuri diadakan untuk merayakan pergantian musim, panen, dewa-dewa, atau peristiwa bersejarah. Kamu bisa merasakan kentalnya tradisi dan semangat Jepang lewat matsuri, jadi sempatkan waktumu untuk mengunjungi salah satu matsuri, ya.

Kuil-Kuil Megah dan Arak-Arakan

Red Omikoshi
copyright: gneubig

Sebuah matsuri tidak lengkap kalau tidak ada ritual bernama ohmikoshi, alias arak-arakan kuil kecil. Selain itu sebuah kendaraan hias bernama dashi juga menjadi komponen utama dalam sebuah matsuri. Konon katanya, saat matsuri berlangsung, dewa-dewa yang berada di dalam kuil keluar dan masuk ke dalam ohmikoshi. Kemudian ohmikoshi dan dashi dibawa berkeliling ke daerah sekitar agar dewa dalam ohmikoshi bisa memberikan berkat. Wow, ternyata ada juga, ya legenda seperti itu.

KURAYAMI MATSURI
copyright: ajpsc

 

Para peserta ohmikoshi yang kebanyakan adalah warga lokal biasanya yang bertanggung jawab untuk menarik dan membawa ohmikoshi. Tapi beberapa matsuri mengijinkan turis untuk ikut serta,lho! Jadi kamu juga bisa ikut dalam kemeriahan ohmikoshi.

 

Jadi Food Hunter di Pasar Malam

 

takoyaki
copyright: AA Y
Festival Food
copyright: Sodai Gumi

Saat ada matsuri maka pasti akan ada pasar malam. Kamu bisa berburu jajanan khas Jepang di stand-stand makanan yang akan buka di sekitar lokasi matsuri. Mulai dari makanan gurih seperti takoyaki, okonomiyaki, yakisoba sampai makanan manis dan menyegarkan seperti ringo ame (permen apel) dan es serut! Semua makanan yang dijual bergaya street food jadi kamu bisa makan sambil berjalan-jalan santai. Ditambah lagi matsuri bisa jadi kesempatan kamu untuk mengincipi makanan khas daerah yang enak-enak, lho.

Main! Main! Main!

 

Scooping goldfish
copyright: Pentax67

Tidak Cuma makanan, kamu juga bisa bermain di matsuri! Beberapa stand membuka permainan khas musim panas yang Cuma bisa kamu mainkan di festival. Yang paling populer adalah permainan menyendok ikan emas dengan jaring kertas bernama kingyou sukui. Kamu bisa membawa pulang ikan emas yang kamu tangkap, lho. Tapi butuh skill dalam bermain permainan ini karena jaringnya sangat mudah sobek!  Kalau kamu merasa  permainan lain kurang menantang, cobalah permainan menembak hadiah dengan senapan mainan.

Rekomendasi Festival Besar di Jepang

Nebuta Matsuri di Aomori

Nebuta Matsuri
copyright: Hassan Abdel-Rahman

Setiap tahun, Nebuta Matsuri diadakan pada tanggal 2 sampai 7 Agustus di Kota Aomori. Lebih dari 3 juta pengunjung memadati festival ini. Para peserta biasanya membuat patung kertas raksasa dan menaruhnya di atas kendaraan arak-arakan. Sambil mengarak patung-patung kertas keliling kota,kamu bisa melihat para penari menari di atasnya juga.

Sanja Matsuri di Asakusa, Tokyo

Sanja Matsuri at Night
copyright: Broadbandito

Bukan senja penikmat kopi, ya tapi Sanja Matsuri ini diadakan setiap hari Jum’at ketiga sampai hari Minggu. Festival ini salah satu festival penting di daerah Asakusa. Festival ini diadakan untuk menghormati Dewa Sanja, dewa air yang memberikan panen melimpah.

Festival Yosakoi di Kochi

Yosakoi so-ran festival
copyright : Koujiro Nakamura

Diadakan di Kota Kochi mulai dari tanggal 9 Agustus sampai 12 Agustus, Festival Yosakooi menjadi salah satu dari tiga festival tari dan musik terbesar di daerah Shikoku. Festival lainnya adalah Festival Awa-Odori di Tokushima dan Niihama Taiko Festival di Ehime. Jika kamu ingin melihat festival yosakoi lainnya kamu bisa mengunjungi kora Sasebo di Nagasaki dan Kota Sapporo di Hokkaido, lho. Di sana ada festival yosakoi yang tidak kalah megahnya dibanding festival di Kochi. Menurut legenda, tari yosakoi diciptakan untuk mengusir hama dengan suara berisik dari alat musik bernama naruko yang dibawa oleh penari. Wah, menarik juga, ya.

 

Itulah hal-hal yang bisa kamu nikmati di Festival Musim Panas di Jepang. Jadi jangan takut bengong dan tidak tahu mau ngapain, ya. Jangan lupa untuk ambil foto yang banyak dan posting di social media kamu.

Leave a Reply

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: