5 Festival Terbesar Jepang di Bulan Agustus 2019

5 Festival Terbesar Jepang di Bulan Agustus 2019

Festival Musim Panas atau natsu matsuri adalah festival tradisional yang sangat unik. Natsu matsuri diadakan hampir di seluruh Jepang terutama di bulan Agustus, pertengahan musim panas. Mengunjungi matsuri adalah kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Jepang.  Jika kamu berencana datang ke Jepang pada bulan Agustus, kami punya rekomedasi festival-festival besar di Jepang yang diadakan di bulan Agustus, lho.

 

Aomori Nebuta Festival di Aomori

(2-7 Agustus 2019)

Nebuta
copyright: Hidehiko Sakashita

Kota Aomori selain terkenal sebagai penghasil apel terbaik di dunia, juga terkenal dengan matsurinya, lho. Festival Nebuta adalah salah satu festival terbesar di Jepang. Setiap tahunnya pengunjung yang datang bisa mencapai 3 juta orang, lho.

Highlight utama di festival ini adalah rakit raksasa yang dihiasi 3 patung lampion raksasa berbentuk prajurit yang disebut ‘Nebuta’. Setiap sore selama festival rakit ini akan diarak berkeliling oleh warga. Selain itu banyak penari yang disebut haneto ikut mengiringi arak-arakan ini. Patung lampion yang menyala-nyala memberikan ilusi seakan para prajurit itu hidup. Di hari terakhir festival akan ada pertunjukan kembang api yang sangat indah.

MAP: https://goo.gl/ruXKUW

 

Akita Kanto Festival di Akita

(3-6 Agustus 2019)

Kanto Matsuri en Akita
copyright : Luis Rodriguez

Festival Kanto adalah festival yang diadakan untuk memohon hasil panen yang baik, festival ini sudah dilaksanakan sejak 279 tahun yang lalu, lho. Festival ini juga salah satu festival terbesar di Jepang terutama di daerah Kanto.

Lebih dari 200 tiang bamboo yang dihiasi puluhan lampion diarak berkeliling kota siang dan malam. Satu tiang bisa berbobot sekitar 50kg. yang menarik adalah orang yang membawa tiang lampion ini tidak menggunakan tangannya, tapi mereka menggunakan anggota tubuh lain seperti dahi, pundak, dan bahu!

MAP: https://goo.gl/pmnydy

 

Hanagasa Festival di Yamagata

(5-7 Agustus 2019)

SANY0221.jpg
copyright : lungman

Jika kamu berada di daerah Tohoku sekitar bulan Agustus, sempatkanlah untuk menonton festival terbesar di Tohoku, Hanagasa Festival yang ada di Perfektur Yamagata. Pertama kali diadakan tahun 1964, festival ini mampu mengundang hingga 1 juta pengunjung, lho.

Bisa dibilang Hanagasa Festival adalah festival tercantik di Jepang. Hanagasa adalah topi tradisional khas Prefektur Yamagata dan dihiasi dengan bunga Benibana. Di festival ini sekitar 10.000 penari berpakaian meriah menari sambil berparade membawa topi hanagasa.

MAP: https://goo.gl/LupwtW

 

Yosakoi Festival di Kochi

(9-12 Agustus 2019)

Salah satu festival tari terbesar di daerah Shikoku, Yosakoi Festival ini diadakan di prefektur Kochi sejak 1954. Tari yosakoi sendiri cukup terkenal di Indonesia juga, lho. Para penari yosakoi memakai pakaian yang indah dan berwarna-warni, berparade melewati kota sambil memainkan alat bernama naruko yang mengeluarkan suara saat dihentakkan. Festival ini berlangsung selama 4 hari tapi parade yosakoi di mulai pada hari kedua sampai ketiga saja. Di hari pertama ada pertunjukkan kembang api dan di hari terakhir

MAP: https://goo.gl/aeHHj9

 

Awaodori Festival di Tokushima

(12-15 Agustus 2019)

Setelah melihat festival Yosakoi, apakah kamu masih belum puas? Masih ingin melihat festival tari yang megah lagi? Kalau begitu langsung saja meluncur ke prefektur Tokushima. Di sana diadakan festival tari Awaodori Festival. Setiap tahun pengunjung festival ini bisa lebih dari 1 juta orang, lho.

Awaodori adalah tari tradisional dari Tokushima dengan sejarah lebih dari 400 tahun. Ratusan penari akan berparade melewati kota sambil menari diiringi instrumen musik tradisional. Festival ini adalah salah satu festival paling energik di Jepang!

MAP: https://goo.gl/fr23fq

Leave a Reply

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: