counter hit make

8 Top Event Musim Panas di Tokyo 2019

8 Top Event Musim Panas di Tokyo 2019

Musim panas di bulan Juni-Agustus adalah musim liburan di Jepang. Jika kamu sedang berlibur di Jepang terutama di Tokyo, ada beberapa event seru yang bisa kamu datangi untuk mengisi liburanmu. Mulai dari festival sampai event otomotif, kami rangkum dalam rekomendasi di bawah ini.

Sanja Matsuri

Sanja Matsuri
copyright: Yoshikazu TAKADA

Musim panas di Jepang penuh dengan festival musim panas atau biasa disebut matsuri. Di Tokyo ada matsuri besar bernama Sanja Matsuri, lho. Berada di daerah Asakusa, festival ini berlangsung selama tiga hari. Yang seru dari festival ini kamu bisa menyaksikan seratus arak-arakan kuil kecil yang disebut ohmikoshi! Arak-arakan ini dipercaya didiami oleh dewa –dewi yang turun ke bumi untuk memberikan berkat, lho.

Sanja Matsuri
copyright: Hong Seongwan

Selain ohmikoshi kamu juga bisa menikmati berbagai jajanan yang dijual di stand makanan di daerah kuil.  Banyak juga stand permainan yang bisa kamu coba. Hiburan lain seperti pertunjukkan musik juga akan menambah suasana meriah.

Sayangnya tahun ini Sanja Matsuri sudah selesai dilaksanakan. Tapi jangan khawatir karena kamu bisa datang ke acara ini di tahun depan, tepatnya tanggal 15-17 Mei 2020!

Ebisu Bon Odori Summer Festival

R0012109
copyright: Shoko Muraguchi
Bon odori street festival in Ebisu
copyright: Kaz Empson

Dari banyak festival musim panas yang diadakan di Tokyo, Ebisu Bon Odori Festival mungkin salah satu festival dengan nuansa yang unik. Matsuri ini berlangsung selama dua hari di akhir Juli. Lokasinya berada di depan Stasiun Ebisu di distrik Shibuya yang terkenal dengan para pejalan kakinya.

Daya tarik utama festival ini, seperti namanya, adalah tarian Obon. Tarian ini adalah tarian tradisional Jepang untuk menyambut arwah leluhur. Konon, menurut kepercayaan Budha, di tiga hari terakhir musim panas arwah para leluhur akan turun ke bumi untuk mengunjungi para sanak saudara. Nah, di Jepang festival bon odori diadakan untuk menyambut mereka.

Di festival ini kamu bisa menikmati pertunjukkan taiko (drum Jepang), menari obon dengan mengenakan yukata, mencicipi berbagai macam makanan, dan masih banyak lagi kegiatan menyenangkan lainnya..

Fuji Rock Festival 2019

Fuji Rock Festival 2018
copyright: Kindred

Event yang sangat cocok untuk kamu pecinta musik karena Fuji Rock Festival ini adalah festival music terbesar di Jepang, lho! Berlokasi di Prefektur Niigata, konser musik yang dikelilingi hutan ini menawarkan pengalaman konser yang luar biasa. Dengan lineup artist dan band internasional pastinya akan membuat musim panasmu di Jepang tidak terlupakan.

Fuji rock festival '2010
copyright: shishimumu

Fuji Rock Festival 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Juli 2019, lho. Jadi pesan tiketmu mulai dari sekarang.

Sumidagawa Fireworks Festival

fireworks sumidagawa 2009
copyright: Tomotoda

Seperti di Indonesia, orang Jepang juga suka bermain dan melihat kembang api. Terutama di musim panas saat langit malamnya sangat cerah, akan ada banyak festival kembang api, lho. Festival kembang api paling nge-hits di Tokyo adalah Sumidagawa Fireworks Festival.

Sumidagawa
copyright: Rob White

Bertempat di pinggir sungai Sumida kamu bisa menikmati banyak kembang api yang mekar di langit malam Tokyo. Festival ini diadakan pada tanggal 27 Juli 2019, lho. Catat tanggal festival ini ya supaya kamu tidak ketinggalan festival spektakuler ini. tentu saja festival ini bebas biaya.

Sendai Tanabata

Sendai Tanabata (The Star Festival)
copyright: yisris

Bergerak ke Prefektur Sendai,  di tanggal 6-8 Agustus 2019 kamu bisa mampir ke festival paling colorful di Jepang, yaitu festival Tanabata. Selama tiga hari kota Sendai akan dihiasi dengan aneka lampion berwarna-warni yang dilengkapi dengan kertas bertuliskan banyak harapan. Festival ini diadakan  berdasar legenda Orihime dan Hikouboshi, sepasang kekasih yang dipisahkan oleh bimasakti dan hanya bisa bertemu setahun sekali pada festival tanabata. Romantis, ya.

Sendai Tanabata (The Star Festival)
copyright: yisris

Festival tanabata di Sendai adalah tanabata paling besar di Jepang, lho. Kamu juga bisa menikmati pertunjukkan kembang api dan berbagai pertunjukkan lainnya.

Tokyo Marathon

20120226-132513_21900180-1-1_1951-87443_ALLDATAx1
copyright: alq666

 

Tokyo Marathon adalah ajang marathon terbesar di Jepang, lho. Sangat terkenal di antara para penyuka marathon di dunia. Sepanjang  10km mulai dari daerah Shinjuku hingga Istana Kekaisaran tidak jauh dari Tokyo Station, para pelari akan disuguhi pemandangan indah dari tempat-tempat terkenal di Tokyo.

Summer Comiket

Comiket
copyright: Joshua Damaiso
Comiket
copyright: blue2342_2nd

 

Comic Market atau biasa disingkat Comiket adalah salah satu acara komik terbesar di Jepang yang diadakan dua tahun sekali. Berbeda dari acara komik lainnya, comiket berfokus pada penjualan komik-komik indie, lho! Acara yang diadakan di Tokyo Big Sight ini akan dihadiri oleh ribuan komikus yang karya-karyanya bisa kamu beli dengan harga yang ramah di kantong. Summer comiket akan diadakan tanggal 9 Agustus sampai 12 Agustus 2019 jadi jangan sampai kelewatan.

AnimeJapan

Cosplay AnimeJapan 2014
copyright: Japon Entre Amigos
Cosplay AnimeJapan 2014
copyright: Japon Entre Amigos

Selain Comiket, event budaya pop yang populer lainnya adalah AnimeJapan. AnimeJapan adalah event yang cocok untuk kamu penggemar anime karena seperti namanya, acara ini dihadiri oleh banyak stasiun TV, studio animasi, dan pengembang game populer di Jepang, lho. Kamu bisa menikmati pertunjukkan live show, wawancara spesial, dan berbagai pengumuman penting mengenai anime kesukaanmu. Selain itu juga banyak cosplayer yang turut memeriahkan event ini. jika kamu tertarik mengunjungi AnimeJapan, segera rencanakan sekarang karena acara ini akan diadakan kembali di bulan Maret 2020.

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: