Ternyata Begini Cara Makan Sushi

Ternyata Begini Cara Makan Sushi

Sushi
copyright: tigercop2k3

Makanan Jepang memang sudah mendunia. Apalagi makanan yang bernama sushi. Jika kita mendengar kata sushi pasti langsung terbayang image orang Jepang. Hidangan dari ikan mentah ini memang digemari banyak orang dari berbagai belahan dunia. Sekarang juga banyak restoran sushi yang menyajikan sushi yang sudah dimodifikasi sesuai selera penduduk lokal.

sushiya
copyright: raymund lao

Sudah pasti kalau ke Jepang jangan lupa untuk mencicipi sushi asli di tanah kelahirannya. Di Jepang sendiri ada dua jenis restoran sushi. Pertama adalah toko tipe kaitenzushi atau conveyor belt. Toko sushi yang ini menghidangkan sushinya di atas conveyor belt dan kita tinggal mengambil sushi yang ingin kita makan. Di toko kaitenzushi, sushi yang ditawarkan menggunakan bahan-bahan modern seperti mayonnaise, keju, dan lain-lain. Harganya juga relatif lebih murah. Sebaliknya di restoran sushi tradisional atau sushiya, koki sushi akan membuat sushi langsung di hadapan kita. Sushi yang dibuat di sushiya adalah sushi klasik dan tradisional yang menggunakan resep turun temurun, lho. Harganya juga lebih mahal daripada di kaitenzushi tapi sebanding dengan rasa dan kualitas bahan-bahannya yang segar.

Nah, sebelum kamu makan di restoran sushi kamu harus tahu tata cara makan sushi yang baik dan benar

Step 1. Bersihkan tangan

Hot towels
copyright: Georgia Ashaby

Bagi orang Jepang,kebersihan adalah hal utama. Di semua restoran sushi di Jepang kamu akan diberikan tisu basah atau handuk kecil untuk membersihkan tanganmu. Jangan salah karena selain dengan sumpit, makan sushi juga bisa dengan tangan,lho.

Step 2. Mau pakai wasabi atau tidak

20120127 Nigiri
copyright: Tom Spaulding

 

Jika kamu tidak suka wasabi jangan sungkan untuk bilang ke koki sushi dengan mengatakan “wasabi-nuki onegaishimasu”. Ada juga restoran sushi yang menyediakan wasabi di wadah terpisah. Jika kamu suka wasabi coba larutkan wasabi dalam kecap asin untuk menguatkan rasanya. Wasabi juga berfungsi sebagai anti bacterial alami.

Step 3. Makan dengan sumpit

Project 365 - 4/26/2013 - 116/365
copyright: Cathy Scola

 

Agar tanganmu tidak lengket dan berminyak, makanlah sushi dengan sumpit. Ambil sushi da celupkan bagian topping ke kecap asin. Jangan terlalu banyak,ya supaya tidak merusak rasa sushinya. Jika porsi sushi terlalu besar kamu bisa memotongnya terlebih dulu dengan sumpit juga.

Step 4. Makan dengan tangan

Tako Sushi
copyright: E. Devin Vander Meulen II

 

Bagi orang Indonesia, lebih mudah makan sushi dengan tangan. Cukup mengambil sushi dengan jari jempol, telunjuk, dan jari tengah secara lembut, lalu celupan ke kecap asin.

Step 5.bersihkan mulut dengan gari

Tokyo - Tsukiji: Gari
copyright: Wally Gobetz

Gari adalah asinan jahe yang disajikan di restoran sushi. Gunanya adalah untuk membersihkan mulutmu. Gari mengandung antimicrobal yang bisa membunuh kuman-kuman di mulut apalagi setelah mengonsumsi ikan mentah. Gari juga bisa digunakan untuk mengoles kecap asin ke atas topping sushi.

Leave a Reply

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: