counter hit make

Makan Enak sampai Kenyang di Dotonbori Osaka!

Makan Enak sampai Kenyang di Dotonbori Osaka!

Di mana, sih area wisata kuliner paling lengkap di Jepang? Kalau kamu berkunjung ke Osaka, pastinya surga wisata kuliner ada di Dotonbori Area, dong. Kuliner di Dotonbori terkenal murah dan enak, bahkan sudah banyak direkomendasikan di banyak guide tour di seluruh dunia. Saking banyaknya, mungkin kamu akan bingung harus mulai dari mana dulu, ya. Untuk itu kami punya 20 rekomendasi restoran dan makanan enak yang wajib kamu coba di Dotonbori.

10 Rekomendasi Restoran di Dotonbori

Mizuno

Ada yang tahu Okonomiyaki? Okonomiyaki bisa dibilang adalah pizza-nya orang Jepang. Tapi isi dan cara membuatnya sangat berbeda. Makanan ini dibuat dengan cara memanggang adonan roti dengan topping sayuran, telur, daging, dan seafood di atas pemanggang besi. Mizuno adalah restoran okonomiyaki terkenal yang berumur kurang lebih 70 tahun. Antrean panjang sudah jadi pemandangan biasa di rumah makan ini.

Mengantre panjang memang sudah biasa tapi tentu saja mengantre sepanjang itu akan sepadan dengan lezatnya okonomiyaki yang bisa kamu nikmati. Beberapa menu yang terkenal adalah Mizunoyaki (pork, cumi-cumi, kerang), Yamaimoyaki (Ubi, kerang, roasted pork), dan Negiyaki (daun bawang, pork, kimchi,) dan masih banyak lagi.

Name Mizuno

Opening hours 11:00 am – 10:00 pm

Address 1-4-15, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 1-4-15 Google Maps

Website (Japanese)

https://tabelog.com/osaka/A2701/A270202/27001278/

Kushikatsu Daruma – Dotonbori Branch

Kushikatsu Daruma berada di perempatan Dotonbori Street dan Sennichimae Doguyasugi Shopping Street. Hal yang pertama akan kamu temui adalah patung wajah maskot restoran raksasa dan papan reklame dengan jargon mereka yang berbunyi  “No double dipping in the sauce!”. Kushikatsu (daging dan sayur tusuk goreng) terkenal dengan aroma dan rasa yang kuat. Toko ini sangat ramai dan banyak menu yang berbahan daging tersedia di restoran ini.

 

Mulai dari menu khas seperti Gansho Kushikatsu Tonkatsu (fried pork cutlet) sampai beni shoga (red pickled ginger), yang asli dari Osaka, tersedia di restoran ini. Kushikatsu Daruma menggunakan campuran minyak khusus yang menghasilkan hasil gorengan yang lebih renyah.  Sekali kamu mencoba menu di restoran ini pasti kamu ketagihan.

Name Kushikatsu Daruma

Opening hours 11:30 am – 10:30 pm (L.O. 10:00 pm)

Address 1-6-4, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 1-6-4 Google Maps

Website (Japanese)

https://www.kushikatu-daruma.com/tenpo_doutonbori.html

Kinryu Ramen

Di antara banyaknya restoran ramen di Osaka, Kinryu Ramen adalah salah satu restoran yang paling terkenal di Osaka. Restoran ramen ini sangat mudah kamu temukan, cukup cari toko berwarna merah dengan hiasan kepala naga yang menyembul dari dalam bangunan. Restoran ini buka 24 jam jadi tempat ini cocok juga untuk late-dinner.

Ramen di restoran ini hanya ada dua jenis, ramen biasa dan chashumen (ramen dengan potongan daging babi goreng). Kuah ramen di tempat ini dibuat dengan cara merebus tulang babi dalam waktu yang lama. Meski simpel, restoran ini menyediakan free topping, lho. Ada kimchi, daun bawang, dan bawang putih yang bisa kamu tambahkan untuk menyesuaikan rasa sesuai dengan kesukaanmu.

Name Kinryu Ramen – Dotonbori Branch

Opening hours Open 24 hours

Address 1-7-26, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 1-7-26 Google Maps

Website (Japanese)

https://tabelog.com/osaka/A2701/A270202/27001495/

Kani Doraku

Dari kepiting berkualitas tinggi sampai crab-sushi , Kani Doraku adalah restoran yang khusus menyajikan berbagai macam masakan kepiting. Patung kepiting raksasa yang bisa bergerak di atas pintu masuk jadi tempat yang sangat cocok untuk foto-foto. Berada di dekat sungai Dotonbori, kamuakan mendapat pemandangan indah saat bersantap

.

 

Sebagai cabang utama, Kani Donraku pada umumnya menyediakan kepiting kelas atas. Tapi juga tersedia area food stall outdoor dengan harga yang lebih terjangkau. Ada banyak hidangan eksotis yang bisa kamu pesan seperti charcoal-grilled red king crab dan kani miso bakar. Kamu juga bisa membawa pulang pesananmu untuk dinikmati di rumah, lho.

NameKani Doraku – Main Branch

Opening hours11:00 am – 11:00 pm

Address1-6-18, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 1-6-18 Google Maps

Website (Japanese)

https://douraku.co.jp/kansai/honten/

Jiyuken

Jiyuken adalah rumah makan yang sudah lama berdiri dengan spesialisasi di hidangan kare, dan restoran ini sudah sangat terkenal di seluruh Jepang. Resep original nasi bumbu kare dan topping telur tidak berubah sejak 100 tahun yang lalu.

Rasa pedas dan penuh rempah dari hidangan nasi kare mereka disebut-sebut berasal dari kaldu khusus yang dibuat dengan resep rahasia. Meski dashi dan kare tidak biasa digabungkan, justru kombinasi inilah yang membuat rasanya sangat unik. Kamu harus coba kare yang sudah disajikan sejak tahun 1800-an ini.

Name Jiyuken – Namba Main Branch

Opening hours 11:30 am – 9:00 pm

Closing days Monday

Address 3-1-34, Namba, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 3-1-34 Google Maps

Website (Japanese)

http://www.jiyuken.co.jp

 

551 Horai

551 Horai adalah tempat yang cocok untuk mencicipi Chinese Food terbaik di Osaka. Jika kamu lapar di tengah perjalanan, shumai dan gyoza sangat cocok untuk mengganjal perut saat kamu terburu-buru. Menu yang sangat direkomendasikan di 551 Horai adalah butaman (steamed pork bun) alias bakpao daging. Setiap bakpao dibuat dengan tangan dan isinya sangat banyak.

Selain di Osaka, 551 Horai juga membuka cabang di stasiun dan bandara yang berada di Kansai. Tapi jika kamu ingin menikmati bakpao yang fresh, tempatnya tentu di restoran ini. Masakan China di tempat ini biasanya selalu sold out jadi kamu harus cepat-cepat membelinya, ya.

Name 551 Horai

Opening hours 11:00 am – 10:00 pm (L.O. 9:30 pm)

Closing days The third Tuesday of every month

Address Google Maps

Website (Japanese)

http://www.551horai.co.jp

Kin no Torikara

Siapa yang suka ayam goreng? Kin no Toriaka adalah restoran yang khusus menjual menu ayam goreng dan sudah buka cabang di seluruh Jepang, lho. Daging ayam tanpa kulit dan tulang yang sangat juicy ditusuk dengan tusuk sate. Digoreng hingga renyah dan ditaburi berbagai macam bumbu.

Ayam goreng di restoran ini tersedia dalam tiga ukuran dan bisa kamu sesuaikan dengan jumlah orang yang akan memakannya. Topping ayam goreng ini termasuk original spice, mayonnaise, dan saus pedas. Lebih seru lagi kamu bisa meminta topping campur, lho.

Name Kin no Torikara

Opening hours [Monday – Friday] 12:00 pm – 10:30 pm [Saturday, Sunday, Holidays] 11:00 am – 10:30 pm

Address Google Maps

Website (Japanese)

http://www.kinnotorikara.jp

Website (English)

http://www.kinnotorikara.jp/

Niku no Marukatsu

Harumonyaki atau jeroan sapi dan babi panggang adalah salah satu kuliner unik yang ada di Osaka. Niku no Marukatsu adalah salah satu restoran terkenal yang menyajikan menu harumonyaki yang disajikan dengan disate. Jadi sangat praktis dimakan sambil berjalan-jalan. Harumonyaki juga dilengkapi dengan dipping sauce sebagai pelengkap rasa.

Harumonyaki di Niku no Marukatsu terdiri dari hati, ginjal, atau campuran dari keduanya. Dibakar setengah matang kemudian dibakar lagi saat pembeli memesannya. Saus gurih dan proses pembakaran yang menyeluruh membuat orang yang tidak biasa makan jeroan pun jadi menyukainya. Selain dijual dalam bentuk sate, harumonyaki juga dijual per-gram, lho.

NameNiku no Marukatsu

Opening hours10:00 am – 6:00 pm

Closing daysThursday, the third Wednesday of every month

Address  Google Maps

Website (Japanese)

https://tabelog.com/osaka/A2701/A270404/27061821/

Kyabetuyaki

 

Kubis bakar di Kyabetuyaki sangat terkenal di Osaka, lho. Pertama-tama, adonan tepung dipanggang di sebuah panggangan besar (teppan), diikuti dengan lapisan kubis, remukan tempura, dan telur. Kemudian diberi saus untuk memberi rasa dan kemudian kubis bakar dilipat jadi dua. Porsinya sangat pas di genggaman tangan, seperti street food lainnya.

Potongan kubis diolah dengan tangan untuk mempertahankan rasa manisnya. Adonan tepung dicampur dengan dashi dan teksturnya yang soft dan chewy sangat melengkapi tekstur kubis yang crunchy. Apalagi harganya yang murah cocok untuk dibeli dalam jumlah banyak.

Name Kyabetuyaki

Opening hours 10:00 am – 1:00 am

Address 1-18-18, Namba-naka, Naniwa-ku, Osaka-shi, Osaka 1-18-18 Google Maps

Website (Japanese)

https://www.kyabetuyaki.com

Sakamichi no Ten-Don

Sakamichi no Ten-Don adalah restoran terkenal yang menyajian menu ten-don alias rice bowl tempura yang sudah berdiri sejak 1952. Toko kecil ini menyediakan tujuh kursi counter dan biasanya selalu penuh. Mereka hanya buka saat jam makan siang dan akan langsung tutup ketika stok sudah habis. Kamu harus cepat-cepat mengantre jika ingin mencicipi rice bowl legendaris ini.

Restoran ini menyediakan ten-don, kakiage-don (Udang kecil goreng dan sayur), dan akadashi (sup miso merah). Menu Ten-Don terdiri dari dua tempura udang dan nori. Tersedia juga saus yang bisa menambah cita rasa. Sup akadashi juga sangat cocok dengan ten-don, loh. Jadi kamu wajib mencobanya.

Name Sakamachi no Ten-don

Opening hours 10:00 am – 2:00 pm (closes upon selling out)

Closing days Wednesday, the third Thursday of every month

Address Google Maps

Website (Japanese)

https://tabelog.com/osaka/A2701/A270202/27001246/

 

rekomendasi Takoyaki palin enak di Dotonbori

Takoyaki Juhachiban

Takoyaki Juhachiban menjual takoyaki paling enak: renyah di luar dan lembut dan gooey di dalam. Adonan tepung dibuat dengan mencampurkan kaldu, susu, gurita dan beni shoga serta udang. Kemudian adonan dipanggang menjadi bola-bola besar.

Kamu bisa memilih saus dengan mayonais atau dengan garam. Tersedia porsi 6 butir dan 10 butir. Meski topping garam terdengar aneh, tapi ternyata rasanya sangat enak, lho.

Name Takoyaki Juhachiban – Dotonbori Branch

Opening hours 11:00 am – 9:00 pm

Address 1F, Nakaza Kuidaore Bldg., 1-7-21, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 1-7-21 1F Google Maps

Website (Japanese)

http://d-sons18.co.jp

Acchichi Honpo

Acchichi Honpo terkenal sebagai toko takoyaki yang menggunakan gurita terbaik dalam menunya. Alih-alih menggunakan gurita biasa, mereka membeli gurita kualitas tinggi yang fresh ditangkap di Osaka Central market setiap pagi. Gurita yang digunakan sangat fresh, bahkan bisa dimakan mentah-mentah. Teksturnya sangat lembut dan juicy.

Di Acchichi Honpo, mereka menggunakan saus original yang dibuat di Higashi Osaka dan adonan yang disiapkan dengan dashi berbahan katsuo (ikan cakalang) agar rasa gurih takoyaki semakin gurih. Dimakan panas-panas atau pun agak dingin, takoyaki Acchichi Hono tetap enak!

Name Acchichi Honpo Dotonbori Branch

Opening hours [Sunday – Friday, Holidays] 9:00 am – 2:00 am [Saturday, Day before Holiday] 9:00 am – 3:00 am

Address 7-19, Souemon-cho, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 7-19 Google Maps

Website (Japanese)

http://www.acchichi.com

takoyakikun

Takoyakikun sangat terkenal sampai-sampai pernah diliput di TV dan majalah, lho. takoyaki di gerai ini berisi tenkasu dengan jumlah banyak, membuat takoyaki semakin renyah di luar. Mereka juga menggunakan white wine untuk menambah cita rasa fruity di takoyaki.

Enaknya lagi kamu bisa menambahkan topping takoyaki sepuasmu, lho. topping yang tersedia antara lain aonori (sejenis rumput laut kering), katsuoboshi (parutan ikan cakalang kering), saos, dan mayonais. Minimal pemesanan adala 4 bola takoyaki dan bisa tambah sebanyak yang kamu mau. Jadi bisa dijadikan snack atau pun makan berat.

Name Takoyakikun – Namba Branch

Opening hours 12:00 am – 8:00 pm

Closing days Monday

Address 10-13, Namba Sennichimae, Chuo-ku, Osaka-shi, Osaka 10-13 Google Maps

Website (Japanese)

https://takoyakikun.co.jp

Wanaka

Wanaka punya reputasi yang bagus di antara penduduk Osaka karena takoyakinya tetap enak meski sudah dingin. Tepung berkualitas, sentuhan dashi, dan sedikit citarasa garam laut membuat takoyaki ini memiliki adonan tepung yang khas. Mereka menggunakan shio sugar (salt ginger) daripada beni shoga yang biasanya digunakan toko-toko lain.

Takoyaki Wanaka memang sudah enak, tapi mereka masih melangkah lagi dengan memberikan topping berkualitas. Kamu bisa memilih topping saos klasik dengan resep rahasia yang sangat cocok dengan adonan takoyaki, saos kecap dan dashi, ponzu (kecap dengan perasan jeruk nipis), dan saos pedas.

Name Wanaka – Namba Branch

Opening hours 10:00 am – 10:00 pm

Address  Google Maps

Website (Japanese)

http://takoyaki-wanaka.com

Website (English)

http://takoyaki-wanaka.com/en/index.html

Aizuya

Aizuya cabang Namba dikenal sebagai tempat dimana takoyaki pertama kali ditemukan. Takoyaki Aizuya dibuat tanpa daun bawang dan beni shoga. Meski pun takoyaki di tempat ini bisa dibilang sederhana, rasa takoyaki yang tidak bisa ditiru ini menjadi primadona di antara penduduk lokal dan seluruh Jepang. ukuran takoyaki Aizuya bisa dibilang kecil dan cocok sebagai kudapan sambil minum-minum.

Selain takoyaki, mereka juga menyediakan radioyaki, lucu ya namanya. Radioyaki bisa dibilang pendahulu dari takoyaki. Isiannya bukan gurita tapi daging sapi dan konnyaku. Rasanya sangat unik dan bisa jadi variasi lain jika bosan dengan takoyaki biasa.

Name Aizuya – Namba Branch

Opening hours 10:00 am – 10:00 pm

Closing days The third Thursday of every odd-numbered month

Address  Google Maps

Website (Japanese)

http://www.aiduya.com/shop.html

Restoran Dessert Terenak di Dotonbori

Andrew’s Eggtart

Andrew’s Eggtart adalah bakery franchise yang dibuka oleh seorang kebangsaan Inggris di Makau, yang mana eggtart-nya menjadi sangat terkenal. Toko ini mendapatkan namanya dari Andrew Stow yang membuka franchise pertama di Makau.

Setiap egg tart di toko ini dibuat dengan handmade. Bahan-bahan yang digunakan adalah fresh cream dan telur berkualitas. Kulit tart yang renyah dan isian custard yang manis sangat cocok untuk para pecinta makanan manis. Toko ini juga menyediakan eggtart berbagai rasa lainnya.

Name Andrew’s Eggtart – Dotonbori Branch

Opening hours [Monday – Saturday] 10:00 am – 11:00 pm [Sunday] 10:00 am – 10:00 pm

Address  Google Maps

Website (Japanese)

http://www.eggtart.jp

Junkissa American

Junkissa American adalah kafe bergaya lama yang sudah berdiri selama 21 tahun. Kafe kecil ini sudah menyatu dengan lingkungan dan atmosfer Osaka. Meski interior kafe ini terasa agak nge-jreng, kafe ini memberikan suasana bersantai yang  nyaman. Di dalam kafe ada sebuah lemari display kaca yang memamerkan berbagai dessert yang terbuat dari buah-buahan berwarna-warni.  Dessert best-seller di kafe ini adalah The Fruits a La Mode yang terdiri dari melon, stroberi, jeruk, semangka, dan fresh cream yang ditata di atas gelas kaca yang fancy.

Name Junkissa American

Opening hours [Wednesday – Monday] 9:00 am – 11:00 pm (L.O. 10:45 pm) [Tuesday] 9:00 am – 10:30 pm (L.O. 10:15 pm)

Address Google Maps

Website (Japanese)                

https://www.junkissa-american.com

Ganso Purinya Mattari Purin

Ganso Purinya, seperti namanya, toko ini hanya menjual produk pudding custard favorit orang Jepang. produk mereka terkenal dengan nama Mattari Purin. Mattari sudah menjadi merk yang sangat populer di seluruh Jepang dan mengundang banyak orang untuk datang ke toko ini hanya untuk membeli pudding, lho. pudding ini juga salah satu pilihan oleh-oleh terbaik di Jepang.

Berbeda dengan pudding custard di Jepang pada umumnya yang menggunakan caramel, tidak ada lapisan caramel di mattari pudding. Mereka hanya menggunakan bahan-bahan terpilih seperti telur, susu, dan gula yang menghasilkan tekstur yang sangat lembut, seperti sutra. Rasa pudding yang simpel, fresh, dan enak ini akan jadi primadona setelah kamu mencobanya.

Name Ganso Purinya Mattari Pudding – Dotonbori Branch

Opening hours 11:00 am – 10:30 pm

Address Google Maps

Website (Japanese)

https://gansopurinya.com

Pierre Lotti Café

Pierre Lotti Café adalah gerai es krim Turki di mana orang Turki asli yang menjual dan melayani pelanggan.  Seperti kedai es krim Turki lainnya, mereka juga sering menjahili pembeli dengan atraksi pembuatan es krim setiap kali ada pesanan.

Es krim Turki memang beda dari es krim lainnya. Teksturnya unik dan bisa dibilang agak melar menjadi rasa asik tersendiri saat memakannya. Aftertaste yang ditinggalkan juga sulit untuk dilupakan. Pastinya harus kamu coba selagi masih di Dotonbori.

Name Pierre Lotti Cafe

Opening hours 10:00 am – 11:00 pm

Address Google Maps

Website (Japanese)

https://www.torukoice.jp

minamoalley

Minamoalley adalah brand coklat yang berdiri di Osaka, awalnya mereka hanyalah toko kecil namun sekarang sudah banyak cabang Minamoalley di seluruh Jepang. brand ini menawarkan coklat berkualitas dengan harga yang terjangkau. Rasa dan packaging yang selalu disesuaikan dengan event seasonal juga membuat coklat ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Sebagai brand yang berasal dari Dotonbori, tentunya minamoalley juga menjual varian coklat yang bergaya Osaka banget . salah satunya adalah Coklat Okonomiyaki yang dibuat dari coklat renyah dan kacang-kacangan yang dibuat seperti makanan khas Osaka ini. selain itu juga ada Coklat Takoyaki yang terbuat dari milk cookies. Hmmm pasti enak, ya.

Name  minamoalley

Opening hours 11:00 am – 9:00 pm

Address Google Maps

Website (Japanese)

http://minamoalley.co.jp

 

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: