Rekomendasi 4 Hotel di Tokyo dengan Nuansa Ruangan Minum Teh Khas Jepang

Rekomendasi 4 Hotel di Tokyo dengan Nuansa Ruangan Minum Teh Khas Jepang

Keindahan estetik tradisional Jepang memang tidak diragukan lagi adalah salah satu daya tarik dari Jepang. salah satu estetik khas Jepang adalah ruangan minum teh dan penginapan tradisional. Bagaimana kalau kedua tema asli Jepang ini dijadikan satu? Di artikel ini kami punya rekomendasi hotel dan ryokan (penginapan tradisional Jepang) yang mengimplementasikan unsur-unsur chado atau upacara minum teh. Pastinya akan sangat menenangkan jika bisa menginap di hotel-hotel ini.

Cyashitsu Ryokan Asakusa 

copyright: google

Ada sebuah peribahasa di Jepang yang berbunyi ‘ichigo ichie’, artinya pertemuan di tempat yang tenang dan nyaman itu hanya sekali seumur hidup dan tidak ada penggantinya. Jadi kita harus menghargai momen berharga itu.

Dibuka pada Juli 2019, Cya Shitsu Ryokan Asakusa berlokasi di sebuah jalan lorong di Oku Asakusa, area di utara Senso-ji Temple yang menjaga suasana tenang Jepang jaman dulu. Penjaga penginapan di sini sangat menjunjung jiwa Chado (tradisional Japanese tea ceremony).

copyright: google

Setiap elemen di ryokan ini seperti membawamu kabur dari penatnya kehidupan di kota. Mulai dari ruang teh di pintu masuk hingga ke area resepsi dengan kolam spa kaki dan pintu masuk unik dimana pengunjung diharuskan merangkak untuk masuk. Mulai dari pijakan pertama kamu akan merasa masuk ke dunia yang beda dari biasanya.

Fasilitas yang disediakan menyajikan spirit chado dan kombinasi estetika tradisional dengan modern.  Di lantai atas bahkan tersedia pemandian terbuka dengan pemandangan Tokyo Skytree di mana para tamu bisa menikmati pemandangan langit malam Asakusa, lho.

copyright: google

Para tamu bisa memilih sarapan bergaya Barat atau sarapan Jepang tradisional lengkap dengan tiga hidangan, sup, dan nasi. Sarapan bisa dinikmati di dining area atau pun disajikan di dalam kamar.

Tersedia 10 guest room dengan style yang berbeda-beda tapi semuanya adalah kamar dengan lantai tatami (lantai tradisional Jepang dari anyaman jerami). Setiap kamar memberikan nuansa rumah tradisional Jepang yang sempurna lengkap dengan sliding door yang terbuat dari handmade Japanese paper, ornament sesuai musim, halaman yang berharmoni dengan alam dan arsitektur, serta tirai bamboo yang juga elemen penting di dalam ruangan teh tradisional.

Name : cyashitsu ryokan asakusa

Check-in : 3:00 pm – 10:00 pm

Check-out : 7:00 am – 10:00 am

Price : Starting from 18,000 yen (Price varies by room type)

Address : 3-32-12, Asakusa, Taito-ku, Tokyo  Google Maps

 

Khaosan Tokyo Samurai

copyright: google

Sekitar 10 menit dari kuil Sensoji dan Kaminarimon Gate, berdiri sebuah  capsule ryokan bernama Khaosan Tokyo Samurai. Ryokan bertema ruangan minum teh ini berada di Jalan Kokusai. Dengan memasukkan unsur Chado di interiornya, hotel ini jauh dari kesan murah dan sederhana, beda dengan hotel kapsul pada umumnya. Menginap di hotel ini memberikan suasana mewah meski budget terbatas.

Di ruang umum, tersedia common space dengan lantai tatami bergaya Jepang di mana para tamu bisa mengobrol dengan santai. Dapur umum yang tersedia buka 24 jam jadi kamu bisa memasak makanan yang kamu beli dari swalayan yang jaraknya hanya 3-5 menit jalan kaki. Ada banyak izayakaya (pub) yang buka di sekitar hotel ini, lho.

copyright: google

Keseluruhan desain dari Tokyo Samurai sangat lekat hubungannya dengan konsep Chado. Di setiap lantai punya ciri khasnya masing-masing tapi tidak lupa ada unsur utama yang sama. Contohnya, gorden pintu diberi warna coklat tua atau hijau matcha untuk menandai area yang berbeda. Kebanyakan kasur di ryokan ini bergaya kasur tingkat yang dibedakan ke kamar mixed-gender dan female-only. Untuk kamar mandinya ada kamar mandi bersama yang bisa digunakan semua tamu tapi ada beberapa kamar privat yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam.

copyright: google

Setiap detil kamar didesain dengan memerhatikan kebutuhan para tamu, mulai dari kasur yang praktis dan nyaman dan dinding dengan keramik berwarna kalem sampai ke cabinet, lampu baca, hanger, dan rak buku. Tentu saja daya tarik utama lainnya dari ryokan ini adalah harganya yang sangat terjangkau.

Name : Khaosan Tokyo Samurai

Check-in : 3:00 pm – 2:00 am

Check-out : Until 11:00 am

Price : Starting from 2,100 yen (Price varies by room type and date)

Address : 3-16-10, Nishi Asakusa, Taito-ku, Tokyo Google Maps

 

Hotel Zen Tokyo

copyright: google

Diprakarsai oleh arsitek Kagami Taro, Hotel Zen Tokyo adalah capsule hotel yang berkonsep “Zen x Minimalism”. Desain hotel ini dibuat berdasarkan cetak biru Tai-an Chihashitsu, sebuah cagar budaya nasional dan satu-satunya tea house yang dibangun oleh master Chado Jepang, Sen no Rikyu di abad ke-16. Lewat modernisasi kemudian lahirlah hotel dengan konsep ‘livable tea room’ ini. Berada di area Ningyo-Cho, Hotel Zen Tokyo sangat mudah ditemukan, hanya berjarak beberapa menit jalan kaki dari Tokyo Metro Ningyocho Station.

copyright: google

Hotel Zen Tokyo’s Bar?Lounge TAIAN adalah kolaborasi para profesional dari bidang fashion, seni, dan industry makanan di Jepang dan terbuka untuk para tamu hotel dan umum. Di dalam lounge, ada sebuah modern-tradisional ‘iron-tea room’ yang jadi daya tarik utama. Saat malam kamu bisa bersantai sambil menikmati sake, wine, dan beer yang diracik khusus di bar ini.

copyright: google

Hotel ini menyediakan 78 kamar di 7 lantai, mereka menawarkan 5 jenis kamar capsule pod: pod standar, pod superior, pod tatami, dan 2 tipe kamar yang lebih luas. Setiap pod memiliki langit-langit setinggi lebih dari 2 meter, berbeda dengan hotel kapsul lainnya. Kamu tidak akan merasa kesempitan dan pastinya berisitirahat di hotel ini akan memberikan pengalaman unik yang susah untuk dilupakan.

Name: hotel zen tokyo

Check-in: 4:00 pm – 12:00 am

Check-out: Until 10:00 am

Address : 1-5-8, Nihonbashi Ningyo-cho, Chuo-ku, Tokyo  Google Maps

 

HOTEL 1899 TOKYO 

copyright: google

Perusahaan yang sudah lama bergelut di bidang hotel, restoran, dan real estate, Ryumeikan, selalu membangun brand mereka dengan konsep ‘menikmati momen santai dengan segelas teh’. Di tahun 2018, Ryumeikan membuka hotel 1899 Tokyo, sebuah hotel-butik teh yang unik di Shinbashi. Nama 1899 merujuk pada tahun Ryumeikan berdiri.

copyright: google

Deli & Bar Dining Area di lantai pertama tidak boleh dilewatkan. Dekorasi kayu memberikan kesan menenangkan. Tamu hotel bisa menikmati sarapan buffet di dining area ini. selain buffet mereka juga menyediakan set meals dan hidangan a la carte untuk makan siang dan makan malam. Untuk menu minuman, kami rekomendasikan menu Tea Bar yang beragam; tersedia Japanese tea package dengan 3 jenis teh dingin dan 8 teh panas yang bisa kamu pilih. Kalau kamu suka minuman beralkohol, ada beer matcha dingin juga, lho.

Di lantai kedua, terdapat reception hall dimana tamu bisa menonton proses pembuatan teh tradisional oleh seorang master teh. Tamu juga bisa mencicipi teh ini, lho.

copyright: google

Ada empat jenis kamar tamu di hotel ini dengan pilihan double dan twin rooms. warna hijau matcha digunakan sebagai warna utama yang memberikan nuansa tradisional Jepang dan estetika chado yang khas. Beberapa kamar juga dilengkapi dengan kasur bergaya engawa (beranda beratap di rumah tradisional Jepang) yang memungkinkan tamu menikmati pemandangan kota lewat jendela saat bangun di pagi hari.

Di sebelah kasur ada lampu dengan bentuk kocokan teh matcha. Kamu bisa menyesuaikan cahaya lampu ini sesukamu. Setiap detil hotel ini dibuat untuk meniru ruangan teh Jepang. hotel ini sempurna untuk beristirahat dan bersantai.

Name : HOTEL 1899 TOKYO

Check-in : 3:00 pm – 12:00 am

Check-out : Until 12:00 pm

Address : 6-4-1, Shinbashi, Minato-ku, Tokyo Google Maps

 

Itu dia hotel di Tokyo dengan nuansa chado yang kental. menginap di hotel-hotel ini pasti akan memberikan pengalaman berlibur di Jepang yang makin menyenangkan. Kira-kira kamu mau menginap di hotel yang mana?

 

Hubungi Kami di Whatsapp
%d bloggers like this: