Tempat Wisata di Wakayama dan Spot-Spot Menarik Lainnya yang Mempesona

Air Terjun Nachi Wakayama Jepang

Tempat Wisata di Wakayama dan Spot-Spot Menarik Lainnya yang Mempesona

Wakayama, daerah yang dijuluki dengan “Negeri Pohon” itu terletak di sebelah barat Semenanjung Kii. Daerah yang sebagian besar kawasannya terdiri dari pegunungan dan hutan tersebut juga merupakan lokasi dari kuil-kuil penting Buddha dan Shinto dan Gunung Koya.

Meski daerah yang memiliki luas 4.726 km² tersebut 81% nya adalah wilayah pegunungan dan hutan, namun Wakayama juga masih menyimpan banyak tempat menarik yang kerap menjadi incaran para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bagi Anda yang akan singgah ke Jepang, berikut tempat wisata di Wakayama  yang bisa Anda kunjungi:

  1. Air Terjun Nachi

Air terjun yang berada di Nachisan, Nachikatsuura-cho, Higashimuro-gun tersebut atau yang lebih dikenal dengan nama Ichi no Taki itu merupakan sebuah wisata alam favorite bagi masyarakat setempat sejak dulu.

Air Terjun Nachi Wakayama Jepang
Image from cnn.com

Air Terjun Nachi itu juga lebih dikenal sebagai perwujudan Dewa pada Kuil Hirou yang masih menjadi bagian dari Kuil Kumano Nachi. Tidak hanya itu, tempat wisata di Wakayama yang memiliki tinggi mencapai 133 meter, lebar 13 meter dan dengan kedalaman 10 meter tersebut telah diklaim sebagai air terjun di Jepang, khususnya di wilayah Wakayama.

Bahkan pada malam tahun baru panorama dari air yang berasal dari pegunungan Kumano tampak kian mempesona para pengunjungnya karena gemerlap cahaya lampu. Selain itu, setiap tanggal 9 Juli dan 27 Desember di sekitar air terjun Nachi itu akan diselenggarakan ritual upacara adat untuk menghormati air terjun sebagai perwujudan para Dewa.

Adapun jam buka tempat wisata di Wakayama ini di mulai pukul 06.30-16.30 dengan tiket masuk sebesar 300 yen. Sedangkan akses untuk transportasi umumnya yaitu  dengan menggunakan bus lokal yang berangkat dari stasiun Kii Katsura, lalu turun di pemberhentian Bus Nachi no Taki Mae dengan waktu tempuh selama 27 menit.

  1. Kuil Kumano Nachi

Kuil yang terhubung dengan Jalan Kumano Kodo Daimonzaka itu dihormati sebagai pusat dari sebuah aliran kepercayaan Kumano. Kuil yang telah menarik kepercayaan masyarakat sejak dahulu itu merupakan Kuil terbesar di wilayah pegunungan Kii. Untuk menuju kuil yang berada ketinggian 500 meter itu Anda harus menaiki tangga yang terbuat dari bebatuan alami sebanyak 467 anak tangga.

Baca Artikel :   Bikin Ketagihan! Ternyata 7 Kegiatan Wisata Jepang Bunga Lavender Di Hokkaido Ini Asyik Banget, Nomor 2 Tidak Akan Anda Lupakan
Kuil Kumano Nachi Wakayama Jepang
Image from japantravel.com

Tempat wisata di Wakayama itu memiliki Dewa yang disembah, yakni  Dewa Izanami no Mikoto atau Dewa Fusuminokami yang mengemban tugas untuk berbagai hal seperti pertanian, perikanan, kehutanan, dan juga disembah sebagai Dewa Cinta Kasih.

Pada kawasan Kuil Kumano Nachi tersebut pengunjung dapat melihat patung batu yang berbentuk burung gagak berkaki tiga atau disebut juga burung yatakarasu, dimana burung tersebut menjadi lambang dari asosiasi sepak bola Jepang.

Diantara pepohonan di area Kuil, terdapat juga sebuah pohon tua yang sudah berusia kurang lebih 850 tahun. Kuil tersebut juga termasuk dalam daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO sebagai “Situs Suci dan Rute Ziarah Pegunungan Kii”.

  1. Festival Api Nachi

Tempat wisata di Wakayama tak hanya berupa kuill, melainkan juga wisata yang tak bisa dijumpai kapan saja, yakni Festival Api Nachi. Festival yang diadakan di Nachi tersebut biasanya dilaksanakan pada bulan Juli.

Festival Api Nachi Wakayama Jepang
Image from matome.naver.jp

Festival yang sudah berusia lebih dari 1700 tahun itu digelar untuk merayakan kepulangan dari Dewa Air Terjun dan dianggap sebagai salah satu festival yang paling suci di Jepang.

Selain langka, Anda juga bisa menikmati festival tersebut dari keindahan Pegunungan Nachi dengan pemandangan tempat wisata di Wakayama berupa air terjun Nachi serta Kuil Nachi Taicha yang legendaris.

Dalam perayaan Festival Api Nachi itu setidaknya dibutuhkan 12 tenaga laki-laki dewasa yang akan membawa obor api besar untuk naik turun tangga batu menuju ke arah Air Terjun Nachi.

Karena masing-masing obor memiliki bobot hingga 50 kg, maka obor tersebut akan dibawa bergantian oleh anak-anak muda. Sedangkan para orang tua akan duduk di pinggiran anak tangga untuk menyemangati timnya.

  1. Pemandian Air Panas Onsen

Onsen, atau tempat pemandian air panas di Wakayama terkenal dengan terkenal dengan nuansanya yang asri dan kuno. Salah satu onsen di Wakayama yang terkenal adalah Onsen Sennin-buro.

Baca Artikel :   Pastikan Liburan Anda Berkesan dengan Berkunjung ke 9 Tempat Wisata di Kyoto Berikut Ini!
Onsen Sennin-furo
Image from visitwakayama.jp

Tempat wisata di Wakayama tersebut berada di sebelah tenggara Kota Wakayam, tepatnya di Kawayu. Pemandian tersebut merupakan sebuah kolam raksasa yang bersuhu 73 derajat celcius. Selain pemandangannya yang indah karena berada di tepi sungai, onsen tersebut juga dekat dengan hotel dan penginapan yang berada di sebuah pulau terpencil.

Selain itu, ada juga onsen terbesar yang berada di wilayah Nanki yang letaknya tepat di Pelabuhan Katsuura dan langsung menghadap laut Kumano. Onsen Nanki juga diyakini mampu mempercantik kulit karena mengandung belerang. Sembari berendam, Anda juga bisa dengan nyaman menikmati pemandangan laut dan alam.

  1. Kuil Nachisan Seiganto

Berdasarkan legenda masyarakat setempat, tempat wisata di Wakayama itu pertama kali ditemukan oleh seorang biksu dari India, Ragyo Shonin, yang tengah bertapa di bawah air terjun. Kuil tersebut ditemukan pada abad ke-4 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Nintoku.

Kuil Nachisan Seiganto
Image from visitwakayama.jp

Kuil tersebut, konon dibuat oleh Kaisar Kazan yang berhasil menyelesaikan pertapaannya selama 1.000 hari di bawah air terjun. Kuil tersebut juga ditetapkan sebagai salah satu dari sekian situs suci Saigoku Kannon pada tahun 988.

Karena hampir lapuk termakan usia, kuil Nachisan tersebut dipugar kembali pada tahun 1950 oleh Tayotomu Hiedyoshi dengan banyak mengambil corak dan konsep pada masa Momoyama. Pada Juli 2004 lalu, Kuil tersebut masuk dalam daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO sebagai “Situs Suci dan Rute Ziarah Pegunungan Kii”.

  1. Jalan Kumano Kodo

Tempat wisata di Wakayama lainnya yang tak kalah menarik adalah Jalan Kumano Kodo, sebuah destinasi wisata alam yang cocok untuk Anda yang suka menjelajah alam. Selain itu, Kumano Kodo juga belum begitu banyak terjamah orang karena baru saja ditemukan di buka untuk umum.

Jalan Kumano Kodo Wakayama
Image from tripadvisor.jp

Untuk menjelajah sepanjang jalan Kumano Kodo, Anda akan diberi pilihan dengan 7 rute yang memiliki tantangan tersendiri. Jalan tersebut sebenarnya adalah jalan menuju Kuil dan tempat suci kuno lainnya seperti Nachi Taisha, Hongu Taisha  dan Hayamata Taisha.

  1. Kastil Wakayama

Tak hanya berwisata, saat mengunjungi tempat wisata di Wakayama ini Anda seakan diajak untuk “membaca” sejarah Wakayama. Tempat yang penuh dengan nilai historis ini juga akan lebih indah lagi tatakala bunga sakura bermekaran di musim semi dan spot momoji (daun berubah warna) pada musim gugur.

Baca Artikel :   "Iyashi No Sato" Pesona Desa di Kaki Gunung Fuji Jepang
Kastil Wakayama
Image from Google

Kastil Wakayam tersebut mempunyai jam buka mulai pukul 09.30-17.30 dengan biaya masuk sebesar 410 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk anak-anak. Adapun akses menuju tempat wisata yang berada di 3 Ichibancho, Kota Wakayama tersebut Anda bisa menggunakan bus dari Stasiun JR Wakayama dengan waktu tempuh hingga 10 menit.

Tak hanya wisata sejarah peninggalan zaman dulu, tempat wisata di Wakayama juga menyediakan berbagai wisata kebun seperti jeruk dan strawberry, wisata kuliner seperti telur rebus onsen dan ramen terlezat di Jepang, serta wisata air arung jeram yang akan memacu adrenalin Anda melintasi sungai dengan sebuah sekoci.

Untuk Tour Wakayama bisa Konsultasi dengan Team TourJepang.co.id 

FOLLOW Instagram kami di @tourjepang untuk Testimoni Customer, Promo Tiket dan Promo Paket, dan Aktifitas di Jepang.

Jika anda mempunyai Tiket dan ingin melakukan perjalanan di Wakayama klik 

Private Tour ke Jepang

 

 

Related Post

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: