Photografi Tips: Waktu dan Musim Terbaik untuk Melihat Gunung Fuji di Jepang

Photografi Tips: Waktu dan Musim Terbaik untuk Melihat Gunung Fuji di Jepang

Gunung Fuji, simbol dan kebanggaan Negara Jepang dan tentunya tempat wisata yang paling banyak dituju oleh turis mancanegara. Siapa sih yang tidak mau berfoto dengan latar belakang gunung tertinggi di Jepang berwarna biru dan puncaknya yang putih. Tapi terkadang cuaca sering tidak mendukung keinginan kita untuk mendapatkan foto terbaik. Jadi, kapan saja sih waktu terbaik untuk melihat gunung fuji? Ini dia jawabannya.

Apa, sih Gunung Fuji itu?

Mount Fuji (Again)
copyright: Francis tan

Gunung fuji adalah gunung tertinggi di Jepang dengan tinggi mencapai 3,776 m. Gunung ini adalah gunung suci dan sudah dijadikan sebagai objek pemujaan orang-orang Jepang sejak dulu kala. Karena keunikannya, Gunung Fuji ditetapkan sebagai Cultural Heritage oleh UNESCO sejak tahun 2013.

Gunung Fuji berada di di Selatan-Barat Daya kota Tokyo, di perbatasan perfektur Tokyo, Yamanashi, dan Shizuoka. Stasiun terdekat dari gunung ini adalah Fujisan Station di jalur Fujikyuko. Dari Toko, pertama-tama naiklah kereta dari Shinjuku Station lalu menuju Otsuki Station lewat JR Chuou Main Line (Express). Lalu transit menuju Fujikyuko Line ke Fujisan Station. Ada juga bus yang bisa mengantar kamu ke Gunung Fuji namun membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai. Tiket kereta berkisar 3,270 yen dan bus sebesar 2,000 yen.

Sekitar 10 menit berjalan kaki dari gunung Fuji kamu bisa menemukan Danau Kawaguchi, tempat ikonik untuk berfoto dengan pemandangan danau yang jernih dan pantulan bayangan gunung fuji.

Musim dan Bulan Terbaik dimana Gunung Fuji Mudah Terlihat

Mount Fuji under the autumn shade
copyright: Amrit Mishra

 

Jika kamu ingin melihat keindahan gunung fuji dari Tokyo, kamu harus tahu  pemandangan gunung Fuji berubah-ubah mengikuti musim, lho. Fuji mudah terlihat antara bulan November sampai Februari sedangkan jarang terlihat dengan jelas di bulan April-Agustus. Di Bulan September kesempatan melihat gunung Fuji juga berkurang karena musim badai.

Kesimpulannya, Gunung Fuji paling bagus dilihat di musim gugur sampai musim dingin. Grafik di bawah ini menunjukan rasio banyaknya hari di mana Gunung Fuji terlihat jelas pukul 8 pagi. Data tahun 2017 ini menunjukkan kesempatan terbaik melihat Gunung Fuji adalah selama musim dingin.

copyright: livejapan

Dengan persentase 77.4%, Bulan Desember memiliki kesempatan paling tinggi di mana Gunung Fuji terlihat dengan sangat jelas. Bahkan kesempatan melihat beberapa bagian dari gunung ini saja paling tinggi adalah 19.4%.

copyright: livejapan

Sebagai tambahan, gunung fuji makin terlihat jelas seutuhnya di Bulan Januari dengan persentase 80.6%. tapi jelas atau tidaknya gunung fuji juga tergantung pada cuaca hari itu dan iklim di Jepang. terkadang Gunung Fuji lebih terlihat dengan jelas di bulan Desember, kadang-kadang bulan Januari. karena itu musim dingin antara bulan Desember-Januari adalah waktu terbaik untuk menikmati gunung fuji. Apalagi dengan salju putih yang menyelimuti gunung akan membuatnya lebih indah.

Bulan Februari masih membawa hawa dingin dari Bulan Desember dan januari sedangkan November menandai perubahan musim dari musim gugur ke musim dingin. Keduanya menunjukkan kesempatan Gunung Fuji terlihat dengan jelas. 67.9% di Februari dan 56.7% di November.

Sebaliknya, Juli memiliki persentase paling rendah dengan 6.5%. Bulan April dan Agustus juga sama-sama tidak menunjukan grafik yang mendukung untuk melihat gunung fuji dengan jelas. Dengan kata lain musim dengan suhu yang hangat seperti musim semi dan musim panas tidak cocok untuk mengunjungi gunung Fuji.

Beberapa tahun terakhir, Gunung Fuji sama sekali tidak terlihat pada musim panas. Jika kamu berencana berlibur ke Jepang di musim panas,mungkin lebih baik jangan terlalu mengharapkan bisa melihat gunung fuji dengan jelas, ya. Tapi jika kamu bisa mellihat gunung fuji dengan jelas di musim panas berarti kamu sangat beruntung!

Dari data di atas kita bisa tahu bahwa untuk melihat gunung fuji sangat bergantung pada musim. Jika gunung fuji adalah tujuan utamamu saat berlibur di Jepang, rencanakan trip mu baik-baik, ya.

Waktu dan Jam Terbaik untuk Melihat Gunung Fuji

Fuji with Morning mist
copyright: Shinichiro Saka

 

Waktu terbaik dimana gunung fuji terlihat sangat indah adalah saat pagi hari. Menurut data dari Fuji City, jam terbaik adalah pukul 08.00 am – 12.00 pm dan jam 04.00 pm.  Kesempatan paling tinggi untuk melihat gunung fuji dengan utuh ada pada pukul 8 pagi. Ketika hari semakin siang maka gunung fuji makin sulit untuk dilihat.

Hubungan Antara Cuaca di Bawah dan Iklim di Atas Gunung Fuji

Mount Fuji in Autumn, Japan
copyright: Weesam2010

 

Sudah jelas bahwa Gunung Fuji tidak bisa dilihat di cuaca mendung atau pun hujan, tapi bukan berarti cuaca cerah di Tokyo menjamin kamu bisa melihat gunung fuji dengan jelas juga.

copyright: livejapan

Menurut hasil penelitian dari Fuji City tentang pengamatan “Hubungan antara Cuaca dan Visibilitas Gunung Fuji”, menyebutkan bahwa, “Tidak ada perbedaan yang berarti antara hari bercuaca cerah dan hari saat Gunung Fuji terlihat dengan jelas antara bulan Januari dan April, begitu puladengan bulan Oktober dan Desember. Akan tetapi, cuaca cerah akan membuat Gunung Fuji tertutup oleh kabut atau awan di Bulan Mei sampai September.”

Biasanya ketika Gunung Fuji tertutupi oleh awan (kecuali awan yang ada di atas puncak gunung), itu berarti akan turun hujan di hari itu. Orang-orang yang tinggal di sekitar Gunung Fuji sering menggunakan pertanda ini untuk meramal cuaca.

Dimana Tempat Terbaik Melihat Gunung Fuji

Mount Fuji - Fuji-san
copyright: kallebo20

Ada beberapa tempat di Tokyo dimana kamu bisa mendapat pemandangan Gunung Fuji terbaik. Pilihan terbaik jatuh pada tempat pengamatan seperti Tokyo Metropolitan Government Observation Deck, Tokyo Tower, Roppongi Hills, dan Tokyo Skytree. Namun ada juga tempat yang tidak terlalu tinggi. Jika kamu berjalan ke utara menuju Ebisu Station dari Meguro Station, cobalah datang ke Ebisu Garden Place dan turun ke Barat dari Fujimisaka (antara Meguro-ku Meguro  1-Chome dan Shinagawa-ku Kami?saki 2-chome). Di tempat itu akan terpampang pemandangan Gunung Fuji yang sangat jelas.

Tempat bagus lainnya adalah Gunung Takao, meski jaraknya cukup jauh dari Tokyo yaitu sekitar satu jam dengan kereta dari Shinjuku Station. Dari tempat dengan alam yang kaya, kamu bisa melihat Gunung Fuji. selain itu, Gunung Takao juga tempat yang cocok untuk kabur dari hiruk pikuk kota Tokyo, lho.

Gunung Fuji juga bisa kamu lihat dari geladak pandang di lantai 5 Haneda Airport’s International Terminal. Tempat ini adalah salah satu tempat yang buka 24 jam, jadi kamu bisa melihat Gunung Fuji yang disinari dengan cahaya lembut sunrise.

Naik Shinkansen dari Tokyo ke Kansai, dimana tempat duduk terbaik melihat Gunung Fuji?

Mount Fuji & Shinkansen
copyright: blueilgu

Gunung Fuji berada di perbatasan antara Yamanashi dan Shizuoka. Juga berad Selatan-barat daya dari Tokyo. Jika kamu pergi dari Tokyo menuju Kansai (Osaka, Kyoto, dan lain-lain), kamu bisa melihat Fuji dari dalam Tokaido Shinkansen. Untuk mendapatkan pemandangan  terbaik pilihlah tempat duduk di bagian kanan, dekat jendela di kereta menuju Kansai. Begitu pula sebaliknya,saat kembali dari Kansai maka pilihlah kursi di sebelah kiri. Kamu juga bisa melihat gunung fuji dari Shizuoka Station, sekitar 1 jam dan 40 menit dari Shin-Osaka Station.

bagian dimana Gunung Fuji yang bisa kamu lihat dari Tokyo Station adalah antar Shin-Yokohama Station dan Shizuoka Station. Fuji juga terlihat indah dari stasiun di Atami, Mishima, dan Shin-Fuji station. Tapi kamu harus perhatikan hanya kereta Shinkansen “Kodama” yang berhenti di Shin-Fuji Station.

Jika kamu berangkat dari Osaka menggunakan Tokaido Shinkansen “Hikari”, kami rekomendasikan untuk siapkan kameramu di Shizuoka Station. Jaraknya sekitar 1 jam 40-50 menit dari Shin-Osaka Station.

Sebagai informasi, kereta paling pagi Shinkansen Nozomi tidak berhenti di stasiun Atami, Mishima, Shin-Fuji atau pun Shizuoka Station. Untuk berjaga-jaga, bersiaplah 30 menit setelah berangkat dari Stasiun Tokyo, tepat sebelum Atami Station. Dari Shin-Osaka, butuh sekitar 1 jam 40 menit untuk bersiap-siap melihat pemandangan terbaik dari kereta, tepat setelah Shizuoka Station.

Itulah tips waktu terbaik untuk melihat Gunung Fuji. semoga guide kecil ini bisa membantumu mendapat liburan yang mengesankan di Jepang.

Need Help? Chat with us
%d bloggers like this: